Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya Sesuai Kebutuhan

Cara memilih pemanas air tenaga surya sesuai kebutuhan – Pada saat memilih alat pemanas air tenaga surya atau solar Water Heater lebih baik mempertimbangkan terlebih dulu beberapa faktor agar bisa sesuai kebutuhan, sehingga berguna dengan baik dan efektif. Menggunakan pemanas air tenaga surya tersebut pastinya akan lebih hemat untuk perhitungan jangka panjang, karena sumber daya yang digunakan asalnya dari alam dan yang pasti akan selalu tersedia secara terus menerus, karena kebetulan Indonesia ada pada wilayah beriklim tropis. Dengan begitu kebutuhan air panas juga jauh lebih mudah didapat kapan pun diperlukan. Berikut ini adalah beberapa cara memilih pemanas air tenaga surya yang tepat bisa Anda terapkan ketika Anda hendak menentukan ataupun memilih unit solar Water Heater yang efisien sesuai kebutuhan.

Cara Memilih Pemanas Air Tenaga Surya Sesuai Kebutuhan

Perhitungan kapasitas air

Silahkan Anda perhitungkan terlebih dulu untuk keperluan apa air panas di rumah Anda, apakah hanya untuk kebutuhan mandi atau lainnya dan jangan lupa juga untuk memperhitungkan pula berapa jumlah kamar mandi yang perlu disuplai. Selain hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan lagi berapa banyaknya penghuni rumah yang nantinya akan menggunakan air panas di setiap harinya. Apabila perhitungannya benar – benar sudah Anda pahami dengan baik, maka resiko kekurangan stok air panas pun tak akan terjadi di rumah Anda.

Menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki

Selanjutnya adalah Anda harus bisa menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki, karena faktor tersebut akan menentukan efisiensi penggunaan mesin pemanas air di rumah Anda. Harga solar Water Heater di pasaran sangat variatif, mulai dari yang murah hingga yang paling mahal sekalipun semuanya tersedia, tetapi perlu Anda tahu bahwa jangan hanya terpaku dengan harga, tetapi carilah mesin pemanas air yang berkualitas.

Tentukan lokasi pemasangan

Peralatan pemanas air tenaga surya pastinya perlu cahaya matahari yang cukup untuk bisa hasilkan energi panas di sepanjang harinya. Untuk itu, perhatikan lokasi dimana unit solar Water Heater akan dipasangkan dan yang demikian ini sebaiknya direncanakan sejak awal, dimana biasanya pemanas air tenaga surya mempunyai 2 jenis yakni pemasangan di atap  dan pemasangan di dak atau balkon. Untuk tahapan tersebut biasanya dilakukan survey terlebih dulu oleh teknisi produknya supaya mesin pemanas air bisa hasilkan panas dengan optimal.

Jangan mengabaikan perawatan

Jika sudah selesai proses pemasangannya maka penting juga untuk melakukan perawatan secara berkala. Hal tersebut bertujuan supaya pemanas air bisa selalu beroperasi optimal dan juga efisien, khususnya pada bagian kolektor bersih dan tak berbaya. Kolektor tersebut harus dipastikan terhubung secara erat ke atap. Selain hal itu, pipa dan kabel juga terhubung dengan baik tanpa adanya indikasi kerusakan serta posisi penopang harus selalu kokoh.

Demikianlah cara memilih pemanas air tenaga surya sesuai kebutuhan yang bisa kami informasikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.