Cara Mudah Merawat Mesin Pemanas Air Secara Tepat

Cara Mudah Merawat Mesin Pemanas Air Secara Tepat

Cara Mudah Merawat Mesin Pemanas Air Secara Tepat

Cara mudah merawat mesin pemanas air secara tepat – Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini sepertinya segala sesuatunya ingin dilakukan secara praktis dan instan. Apalagi dengan berkembangnya jaman, sudah ada banyak sekali alat – alat elektronik yang memang dibuat khusus untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Menariknya, untuk memanaskan air pun sudah ada alatnya, yakni mesin pemanas air atau yang lebih dikenal dengan sebutan Water Heater.

Bahkan tidak hanya itu, saat ini untuk menyapu pun sudah ada Vacuum Cleaner yang bisa membantu menyedot debu dan memotong rumput juga sudah ada alat pemotong rumput. Tetapi saat ini yang paling banyak digemari oleh masyarakat modern khususnya adalah mesin pemanas air yang sudah dijual di toko – toko terdekat. Dengan semakin berkembangnya teknologi, sudah ada mesin untuk memanaskan air dengan menggunakan tenaga matahari ataupun tanpa menggunakan aliran listrik. Tetapi yang namanya alat elektronik pasti akan mengalami kerusakan diwaktu tertentu. Cukup banyak penyebabnya, mulai dari karena terlalu lama jangka waktu pemakaian atau juga karena kesalahan saat pemasangan pemanas air.

Nah, sebelum mesin pemanas air Anda terjadi kerusakan, lebih baik Anda simak terlebih dulu beberapa cara merawat mesin pemanas air secara tepat berikut ini.

Cara Mudah Merawat Mesin Pemanas Air Secara Tepat

  • Sebetulnya cara merawat mesin pemanas air ini sangatlah mudah, yang pertama harus Anda lakukan adalah memasang filter ataupun saringan pada Water Heater yang Anda miliki supaya air keruh maupun kotoran – kotoran dari air tersebut tak sampai masuk kedalam mesin, sehingga menyumbat saluran air yang ada pada mesin pemanas air dan juga merusak perangkat mesin tersebut.
  • Selain itu Anda juga bisa melakukan pengecekan pada perangkat mesin untuk memanaskan air, minimal 3 bulan sekali setelah itu lakukan pembersihan di bagian saluran airnya. Buang semua kotoran yang menyumbat air supaya air yang ada di saluran mesin bisa berjalan lancar dan tidak tersumbat.
  • Selain itu Anda juga harus memeriksa safety valve yang ada pada bagian mesin untuk memanaskan air yang Anda miliki, apakah suhu air yang ada pada tangki tersebut stabil atau tidak. Jangan sampai suhu yang ada pada tangki tidak stabil, sebab yang demikian ini bisa mengakibatkan proses pemanasan di air jadi lama karena suhunya berkurang.
  • Anda juga perlu memasangkan pengamanan ganda dengan cara menempatkan ELCB pada jalur isntalasi sebelum akhirnya listrik masuk ke dalam mesin pemanas air tersebut. Hal ini sangat berguna sekali untuk menjaga agar bisa terhindar dari kebakaran dari pemanas air yang Anda miliki.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mudah masang mesin pemanas air secara tepat. Semoga informasi diatas bermanfaat.