Cara Pemasangan Solar Water Heater (Pemanas Air Tenaga Surya)

Cara Pemasangan Solar Water Heater (Pemanas Air Tenaga Surya)

Cara Pemasangan Solar Water Heater (Pemanas Air Tenaga Surya)

Cara pemasangan solar water heater – Perlu Anda tahu bahwa ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk memasang unit pemanas air tenaga surya atau solar water heater, umumnya hal ini akan dicek pada saat teknisi ke lokasi proyek. Akan tetapi, sebagai konsumen tentu tidak ada salahnya untuk bisa mempersiapkan hal – hal ini terlebih dulu apabila bangunan yang akan dipasangkan masih dalam tahapan pembangunan. Sehingga pada saat unit akan dipasangkan tidak sampai menimbulkan kesulitan yang cukup berarti. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara pemasangan solar water heater kepada Anda. Jadi, silahkan disimak baik – baik ulasannya ya.

Cara Pemasangan Solar Water Heater (Pemanas Air Tenaga Surya)

Cara pemasangan solar water heater yang pertama adalah panel kolektor harus Anda letakkan pada suatu tempat, yang mana sinar matahari dapat menyinari tanpa terhalang objek apapun di sepanjang hari. Hindari juga dari objek – objek yang bisa menghalangi alat pemanas air tenaga surya ini, seperti bangunan tinggi, tiang listrik, pohon, dan lain sebagainya.

Selain hal tersebut silahkan Anda cari titik lokasi pemasangan yang optimal, dimana pipa instalasi air panasnya sependek mungkin dan bisa alirkan air secara rata kesemua titik keluaran. Pastikan juga konstruksi atap bangunan yang Anda pilih bisa menahan berat pemanas air tenaga surya tersebut dalam keadaan terisi air untuk jangka waktu yang lebih lama.

Selanjutnya adalah menentukan arah dan kemiringan alat pemanas air tenaga surya saat akan dipasangkan di atap rumah. Pertama adalah menentukan arahnya, dimana untuk daerah seperti Indonesia yang berada tepar digaris kathulistiwa, akan lebih efektif menghadapkan alat pemanas air ke arah Utara. Untuk lebih tepatnya Anda bisa memanfaatkan kompas untuk menentukan titik utara yang tepat.

Kendala bisa saja terjadi, jika memang tidak memungkinkan untuk menghadapkan alt pemanas air ke arah Utara, maka Anda bisa menggeser arahnya sebanyak 45 Derajat ke arah timur atau barat. Tentunya penggeseran arah ini juga akan mempengaruhi kinerja dari solar water heaternya sendiri.

Sementara untuk penentuan kemiringan solar water heaternya, Anda bisa memasangnya pada atap rumah dengan kemiringan sekitar 10 – 20 Derajat terhadap bidang datar. Atur kemiringan yang tepat agar kinerja alat pemanas air bisa lebih maksimal. Disini Anda juga bisa menggunakan besi penyangga sebagai dudukanya untuk mengatur kemiringannya agar lebih tepat. Dengan demikian kinerja yang dihasilkan solar water heater akan lebih maksimal.

Namun biasanya teknisi pemasang solar water heater ini akan memberikan saran yang terbaik untuk Anda. Jadi, tak perlu khawatir jika kondisi rumah tak seusai dengan ketentuan diatas, karena teknisi akan mencarikan solusi terbaiknya untuk Anda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara pemasangan solar water heater. Semoga bisa bermanfaat.