Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater yang Jarang Diketahui

Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater yang Jarang Diketahui

Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater yang Jarang Diketahui

Keuntungan menggunakan solar water heater yang jarang diketahui – Pada dasarnya ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih menggunakan solar water heater atau yang juga disebut dengan pemanas air tenaga surya jika dibandingkan dengan pemanas air jenis gas ataupun listrik. Dilihat dari segi harga, solar water heater memang jauh lebih mahal, sehingga tak banyak orang yang memilih untuk menggunakan solar water heater tersebut. Sebenarnya jika dicermati lebih jauh lagi, solar water heater ini jauh memberi banyak sekali keunggulan, baik itu dari segi efisiensi, keamanan, dan dampak terhadap lingkungan sekitar Anda. Nah, dibawah ini akan kami ulaskan beberapa keuntungan menggunakan solar water heater yang ternyata jarang sekali diketahui orang, mungkin saja Anda adalah salah satunya.

Keuntungan Menggunakan Solar Water Heater yang Jarang Diketahui

  • Sesuai namanya, pemanas air satu ini memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya untuk memanaskan air didalam tangki lewat alat panel surya kemudian air akan didistribusikan ke semua instalasi jaringan pipa air panas menuju kran kamar mandi yang ada di rumah Anda. Menariknya lagi, meskipun kondisi cuaca lagi tidak bersahabat, solar water heater ini tetap bisa digunakan untuk memanaskan air dengan menggunakan daya cadangan listrik.
  • Dikarenakan sumber energi utamanya adalah sinar matahari, sehingga solar water heater jauh lebih aman, sebab tidak menghasilkan sisa dari proses pembakaran seperti asap ataupun residu yang mengandung zat – zat berbahaya. Bahkan penggunaan alat pemanas air tenaga surya ini juga cukup aman bagi lingkungan dibandingkan dengan pemanas air listrik yang masih sisakan karbondioksida dari proses pemanasannya.
  • Memang Anda butuh biaya yang tak sedikit untuk proses pemasangan baru alat pemanas air tenaga surya ini jika dibandingkan dengan alat pemanas air gas ataupun listrik. Tetapi biasanya produsen solar water heater memberi pelayanan service yang sangat baik, dan memberi garansi dalam waktu yang lumayan panjang, bahkan hingga 5 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, khususnya untuk jenis alat pemanas air listrik ataupun gas umumnya sudah mulai sering alami masalah dan menimbulkan berbagai kerusakan. Tak jarang pula dalam kondisi tertentu ada yang sampai harus ganti unit mesin baru hingga 3 kali. Tetapi yang demikian ini pastinya tidak akan pernah Anda alami jika Anda menggunakan solar water heater.
  • Karena solar water heater menggunakan tenaga dari paparan sinar matahari, sehingga Anda pun tidak akan dipusingkan dengan tanggungan biaya listrik yang tinggi. Sebab penggunaan listrik pada alat pemanas air tenga surya ini adalah pada saat – saat tertentu saja, itu pun menggunakan daya cadangan listrik yang irit.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang keuntungan menggunakan solar water heater yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat