Kolektor Flat

kolektor flat

Kolektor Flat

Kolektor Flat

 

Komponen pertama yang akan dibahas dari kolektor penyerap panas pada solar water heater(SWH) adalah Flat Plate Solar Collector System atau kolektor flat.

Kolektor Flat merupakan kotak tertutup yang terisolasi oleh kaca atau plastik transparan dengan lempengan konduktor penyerap panas di bagian bawahnya. Kolektor ini biasanya dilapisi dengan lapisan untuk menyerap dan meminimalkan kehilangan panas (heat loss).

 

Sistem kerja dari kolektor ini yaitu sinar matahari akan melewati kaca transparan pada kolektor dan langsung menuju lempengan konduktor  penyerap panas yang kemudian mengubah energi matahari yang diterima menjadi energi panas. Selanjutnya panas ditransfer ke cairan dalam pipa tembaga yang  melekat pada lempengan konduktor penyerap panas.

 

Lempengan konduktor penyerap panas ini biasanya dicat menggunakan bahan khusus  yang menyerap dan mempertahankan panas lebih baik dari cat hitam biasa. Lempengan konduktor penyerap panas terbuat dari logam tembaga atau aluminium, karena logam merupakan konduktor panas yang baik. Tembaga adalah konduktor yang lebih baik dan kurang rentan terhadap korosi dari pada aluminium, akan tetapi harganya sedikit lebih mahal.

 

Kinerja

Kolektor Flat mengalami kehilangan panas (heat loss) yang lebih besar dari jenis kolektor surya yang lain. Hal tersebut disebabkan karena kumparan tembaga yang berada di dalam kolektor. Tembaga merupakan jenis logam yang sangat terpengaruh oleh suhu dan cuaca disekitarnya. Jika suhu panas (siang hari) maka tembaga akan menyerap panas tersebut dengan baik, namun jika keadaan suhu menjadi dingin (malam hari) tembaga juga akan menyerap hawa dingin tersebut sehingga menyebabkan heat loss yg cukup besar. Oleh karena itu kolektor jenis ini merupakan tipe  kolektor yang kurang efisien untuk solar water heater. Walau bukan kolektor surya yang paling efisien, kolektor flat dapat  bertahan selama lebih dari 25 tahun dan menjadi salah satu pilihan untuk menghemat biaya sistem pemanas air di rumah Anda.

 

Keuntungan utama dari sebuah kolektor flat adalah kolektor ini memanfaatkan kedua komponen radiasi matahari yaitu melalui sorotan langsung dan sebaran, tidak memerlukan tracking matahari dan juga karena desainnya yang sederhana, hanya sedikit memerlukan perawatan dan biaya pembuatan yang murah.