Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat

Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat

Banyak pepatah yang ada dalam hidup kita seperti “cucilah muka dengan air hangat, untuk kecantikan dan kesehatan kulit anda”; “sikatlah gigi anda dengan air hangat, gigi suka itu”; atau “cucilah kaki dengan air hangat”. Semua pepatah tersebut memiliki kebenaran ilmiah. Terlebih pada musim dingin, jangan mengabaikan kegiatan rutin harian seperti mencuci muka, menyikat gigi dan hal-hal sepele lainnya.

 

  • Mencuci muka dengan air panas dapat mencegah masuk angin / flu

Banyak orang mempunyai pengalaman setelah bangun pagi, mengusap muka dengan handuk yang telah direndam air panas, mereka akan  merasa segar seketika. Mencuci muka dengan air panas, bukan hanya dapat memperlancar peredaran darah di sekitar wajah, tetapi juga meningkatkan struktur nutrisi pada kulit, menambah elastisitas kulit, dan baik untuk kesehatan rambut. Selain itu, manfaat mencuci muka dengan air panas adalah mencegah masuk angin, flu dan demam; meringankan gejala sakit kepala. Tentu saja, suhu air panas untuk mencuci muka tidak boleh terlalu tinggi, cukup dibawah 38ºC.

 

  • Air hangat dapat melindungi mulut

Data ilmiah mengindikasikan bahwa gigi manusia mengalami metabolisme alami pada suhu sekitar 35-36.5ºC. Merangsang mulut dengan air dingin dan panas secara terus menerus dapat menyebabkan pendarahan, kerusakan pada gusi, atau penyakit gigi lainnya. Melalui penelitian yang mendalam, para ilmuwan menyimpulkan bahwa menyikat gigi dengan air hangat sangat baik untuk kesehatan gigi. Sebaliknya, menyikat gigi dengan air dingin pada jangka waktu lama, dapat menyebabkan “gigi menjadi tua padahal orangnya masih muda”. Investigasi di provinsi Housheng, Jepang mengindikasikan bahwa pada orang yang menyikat gigi dengan air dingin, usia gigi mereka rata-rata lebih pendek 10 tahun dibanding usia mereka. Praktek juga membuktikan bahwa air hangat pada suhu 35ºC dapat melindungi mulut. Berkumur dengan air hangat tidak hanya baik untuk gigi, tetapi juga untuk tenggorokan dan lidah, serta mampu menghilangkan bacteria dan sisa makanan yang tertinggal di mulut. Ini dapat membuat mulut menjadi lebih segar dan nyaman.

 

  • Lebih mudah tidur setelah mencuci kaki dengan air hangat

Terdapat banyak titik saraf pada kaki kita. Mencuci kaki dengan air hangat sebelum tidur dapat menghilangkan kelelahan dan melawan berbagai penyakit. Kaki terletak paling ujung pada tubuh kita. Ketika kita merendam kaki ke dalam air panas, pembuluh darah bergerak lancar dan memberikan nutrisi yang lebih banyak ke tubuh bagian bawah. Merendam kaki dengan air panas dapat melepaskan ketegangan. Suhu air tidak boleh terlalu panas, sesuaikan dengan musim, dibawah 45ºC pada musim dingin dan 50ºC pada musim panas.

 

  • Suhu tergantung pada musim dan pribadi masing-masing

Berbeda dengan mencuci muka dan kaki, mandi adalah kegiatan penuh untuk membersihkan tubuh dan menjaga kesehatan. Perkataan “air panas lebih baik dari air dingin” tidaklah selalu benar. Suhu air tergantung dari tujuan, musim dan kondisi masing-masing orang. Pada umumnya, kita mandi untuk membersihkan tubuh. Jika berbicara dari segi fisiologis dan lingkungan, permukaan kulit tubuh sangatlah kotor, penuh dengan keringat, minyak dan debu. Semuanya ini menumpuk di permukaan lapisan kulit, lebih jauh lagi, merusak keindahan kulit. Sehingga kita mandi untuk membersihkan tubuh. Air panas adalah yang terbaik karena keringat dan minyak dapat dihilangkan secara mudah dengan air panas. Suhu terbaik adalah antara 38ºC-40ºC (ketika memasukkan tangan ke dalam air, tangan terasa sedikit panas). Kita kadang melepaskan kelelahan, menjaga kebersihan dan kenyamanan tubuh dengan mandi; tetapi air panas tidak selalu sesuai untuk setiap orang, contohnya seperti mereka yang mempunyai kondisi jantung dan paru-paru yang buruk serta penyakit kulit. Dalam kasus-kasus tersebut, air hangat pada suhu 34ºC akan lebih baik, karena suhu tersebut sedikit lebih tinggi dari kulit dan lebih rendah dari tubuh. Air hangat juga baik untuk menyembuhkan penyakit kulit. Pada musim panas, orang menyukai berenang. Sebenarnya, itu adalah mandi air dingin. Air dingin pada umumnya bersuhu dibawah 25º C. Karena kepraktisan dan ingin merasakan dinginnya air, walaupun itu tidak membersihkan secara efektif, kita lebih memilih mandi air dingin pada musim panas. Mandi dengan air panas, air hangat dan air dingin memiliki fungsi kesehatan yang berbeda. Air panas melebarkan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, melepaskan ketegangan saraf, menghilangkan dan meringankan penyakit gatal-gatal pada kulit. Mandi dengan air hangat berfungsi untuk memberikan ketenangan, membantu untuk tidur setelah merendam kaki selama 10-15 menit. Mandi dengan air dingin baik untuk menyembuhkan pembuluh darah jantung, infeksi tenggorokan, emphysema (paru-paru bengkak karena kemasukan udara), gejala pernafasan, radang sendi dan lain sebagainya; mandi air dingin (termasuk berenang pada musim dingin) harus taat pada prinsip “sedikit demi sedikit”. Berenang pada musim dingin harus dimulai pada waktu musim gugur dan kemudian berenang pada semua musim, dimulai dari bagian wajah sampai seluruh bagian tubuh. Ketika anda mandi dengan air dingin, beberapa gerak tubuh diperlukan, sekitar 2-5 menit.