Pemanas Air Tenaga Matahari Sistem Pasif

Pemanas Air Tenaga Matahari Sistem Pasif

Pemanas Air Tenaga Matahari Sistem Pasif

Pemanas Air Tenaga Matahari Sistem Pasif

 

Jenis sistem Inlet dan Outlet pada pemanas air tenaga matahari yang akan dibahas pada artikel kali ini yaitu Sistem Pasif.  Sistem Inlet dan Outlet itu sendiri berhubungan dengan kinerja dan proses pendistribusian air pada unit, baik itu air panas maupun air dingin. Pemanas air tenaga matahari sistem pasif tidak menggunakan energi tambahan dari pompa, melainkan bergantung pada proses alam, untuk mengedarkan air. Sistem ini dapat diandalkan, tahan lama dan tergolong lebih murah, sistem pemanas air tenaga matahari pasif cukup baik dalam proses menyediakan air panas dengan sinar matahari. Salah satu contoh sistem pemanas air tenaga matahari pasif adalah system thermosyphon.

 

Sistem Thermosyphon ialah suatu sistem  yang mengacu pada metode pertukaran panas pasif berdasarkan konveksi alam , yang beredar tanpa perlu adanya pompa mekanik.

Gerakan konvektif cairan dimulai ketika air dalam tabung dipanaskan, menyebabkan air tersebut memuai dan massa jenisnya menjadi kecil, sehingga lebih ringan daripada air dingin yang berada di bagian bawah tabung. Akibatnya air yang panas tadi mengalir dan tempatnya akan disi oleh air yang lebih dingin karena massa jenisnya lebih besar. Inilah yang disebut dengan sistem Thermosyphon.