Pemilihan Pemanas Air Baru untuk Hunian Anda

Pemilihan Pemanas Air Baru untuk Hunian Anda

Pemilihan Pemanas Air Baru untuk Hunian Anda

Pemilihan pemanas air baru untuk hunian Anda – Pada saat Anda memilih mesin atau alat pemanas air yang baru untuk hunian Anda, sebaiknya Anda memilih sistem pemanas air yang tak hanya akan sediakan air panas yang cukup. Akan tetapi yang juga mempunyai efisiensi energi dan mampu menekan biaya. Selain hal tersebut, juga termasuk halnya dengan mempertimbangkan berbagai jenis alat pemanas air yang tersedia, serta ukuran yang tepat, juga sumber bahan bakar untuk pengoperasiannya.

Pemilihan Pemanas Air Baru untuk Hunian Anda

Sebelum Anda memilih pemanas air baru untuk rumah, lebih Anda ketahui terlebih dahulu beberapa jenis dari pemanas air tersebut. Pada dasarnya ada 3 jenis pemanas air yang dibedakan dari sumber daya yang digunakan untuk pengoperasiannya, diantaranya alat pemanas air listrik, alat pemanas air gas, dan alat pemanas air tenaga surya. Silahkan tentukan terlebih dahulu mana pemanas air yang cocok untuk menjadi pilihan Anda.

Dari ketiga jenis pemanas air berdasarkan sumber dayanya tersebut yang paling direkomendasikan adalah pemanas air yang memakai tenaga surya. Mengapa demikian? Ya, karena jenis pemanas air satu ini memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan jenis listrik dan gas. Kita hanya membutuhkan sinar matahari saja untuk bisa mengoperasikan pemanas air tersebut. Selain itu, pemanas air ini juga sangat aman dan tidak menimbulkan masalah lingkungan. Berbeda halnya dengan pemanas air gas yang masih menghasilkan residu dari hasil pembakarannya. Sedangkan untuk pemanas air listrik masih menyisakan gas CO2 dalam penggunaannya.

Selain hal diatas, yang perlu Anda pertimbangkan juga adalah model dari pemanas air. Sesuaikan modelnya dengan konsep rumah minimalis Anda supaya nantinya pemasangan pemanas air tersebut tak mengurangi kesan elegan rumah tinggal Anda.

Penting juga mempertimbangkan biaya perawatan dan bulanan atau tahunan yang harus ditanggung untuk penggunaan pemanas air tersebut. Lagi-lagi dalam hal ini solar water heater atau pemanas air tenaga surya menjadi yang diunggulkan. Pasalnya, untuk biaya bulanan tidak dimiliki untuk pemanas air jenis ini, karena memang menggunakan sinar matahari untuk pengguaannya. Berbeda dengan pemanas air listrik yang membutuhkan listrik dan pemanas air gas yang membutuhkan alat bantu gas, dimana keduanya tersebut tidaklah gratis.

Selanjutnya Anda juga harus menentukan ukuran kapasitas pemanas air yang Anda butuhkan. Kapasitas pemanas air ini bisa Anda tentukan berdasarkan seberapa sering Anda menggunakan pemanas air tersebut. Penentuan kapasitas ini nanti juga mempengaruhi penggunaan sumber daya yang dibutuhkan nanti. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin besar pula sumber daya yang dibutuhkan. Ini akan menguras kantong Anda jika memilih pemanas air jenis listrik atau gas. Namun demikian tidak untuk pemanas air tenaga surya, dimana sumber daya yang digunakan adalah gratis.

Melihat beberapa hal diatas, memang solar water heater atau pemanas air tenaga surya yang sepatutnya Anda pilih. Meskipun untuk harga pembeliannya terbilang mahal, namun untuk jangka panjang biaya tersebut tak lebih dari biaya bulanan atau tahunan yang harus dibayarkan ketika memilih pemanas air gas atau listrik.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pemilihan pemanas air baru untuk hunian Anda. Semoga bermanfaat.