Perkembangan Pemanas Air Perdana Bagian 1

Perkembangan Pemanas Air Perdana Bagian 1

Perkembangan Pemanas Air Perdana

bagian 1

Solar Water Heater (Pemanas Air Tenaga Matahari) mulai tumbuh dan berkembang di akhir tahun 1800an di California, Amerika Serikat. Adalah seorang Clarence M Kemp yang mematenkan pemanas air tenaga matahari komersial pertama di dunia.

Clarence M Kemp lahir di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat. Pada tahun 1881, Clarence M Kemp mendirikan “C.M. Kemp” Perusahaan yang bergerak dalam bidang Manufaktur di Baltimore untuk memproduksi produk-produk dari desain yang Ia buat sendiri. Baru pada tahun 1891 Clarence mematenkan pemanas air tenaga matahari buatannya.

Konsep sistem pemanas yang dibuat oleh Kemp, menempatkan tangki air bercat hitam (terdiri dari tiga tangki) di dalam sebuah kotak kaca yang tertutup kemudian dibagian bawah kotak dipanaskan, air dingin dalam tangki menyerap panas dan air tersebut menjadi cukup panas untuk mandi atau keperluan lainnnya. Tetapi Pemanas air komersial pertama ini memiliki kekurangan yaitu air yang dipanaskan akan terus disimpan didalam tangki, kemudian pada malam hari air tersebut terkena suhu malam sehingga pada saat pagi hari air menjadi tidak terlalu panas untuk dipergunakan. Belum lagi jika cuaca buruk dan tidak ada matahari, maka pemanas air tersebut sama sekali tidak dapat dipergunakan. Desain dasar dari Kemp inilah yang menjadi acuan untuk perkembangan Solar Water Heater kedepannya. Sebagai hasil dari karya Nya yang inovatif, Ia sering disebut “The Father of Solar Energy”.

Pada tahun 1895, Kemp menjual hak eksklusif manufaktur sistem pemanas air nya kepada dua pengusaha dari Pasadena, California.Kemudian kedua pengusaha tersebut menemukan bahwa di California bagian Selatan seperti Los Angeles, dan San Diego memiliki iklim yang lebih cerah dan merupakan pasar yang lebih menjanjikan.Selanjutnya mereka juga mulai memasuki pasar di Arizona, Florida, dan Kepulauan Hawaii.