Teknologi Tabung Vacuum

Inti Solar merupakan pelopor pemanas air dengan Teknologi Tabung Vacuum pertama di Indonesia. Setiap tabung vacuum terdiri dari dua tabung kaca yang membentuk lapisan. Lapisan tabung dalam dilapisi dengan lapisan penyerap terbaik Nano Absorber Layer yang menyerap energi matahari dengan sempurna dan menahan pembuangan panas ( heat loss ). Antara dua lapisan tersebut terbentuk suatu ruangan vacuum ( hampa udara ), yang dapat meminimalisasi pembuangan panas ( heat loss ) hingga tingkat efisiensi 99%. Teknologi ini sangat efektif menyerap energi matahari dikarenakan bentuk permukaannya yang melingkar sehingga dimanapun posisi matahari berada dari pagi hingga sore, area penyerapan panas energi matahari akan selalu sama tegak lurus dengan tabung vacuum. Teknologi ini sudah dikenal baik di Eropa dan Amerika, dikarenakan teknologi ini tetap efektif bekerja dalam segala kondisi cuaca bahkan pada saat temperatur rendah dan berawan.

Performa Tabung Vacuum Inti Solar Jauh Lebih Baik

Teknologi tabung vacuum Inti Solar bekerja berdasarkan fenomena ‘Thermosiphon’ yaitu konveksi alamiah dimana air panas pada kemiringan tertentu akan bergerak ke atas sementara air dingin akan bergerak ke bawah. Hal tersebut dikarenakan massa jenis air panas lebih kecil dari pada massa jenis air dingin.

Semakin banyak tabung vacuum, semakin banyak sumber panasnya, sehingga proses pemanasan air jauh lebih cepat dan lebih merata. Prinsip yang sama seperti sumbu pada kompor untuk memasak, semakin banyak sumbu ( sumber ) panas, semakin cepat mencapai temperatur yang diinginkan.