Tipe Kolektor Pemanas Air Tenaga Matahari

Terdapat dua tipe utama kolektor pemanas air tenaga surya: kolektor flat dan tabung vacuum.

  1. Sistem Kolektor Flat bentuknya seperti sebuah kotak yang ukurannya relatif besar, umumnya diletakkan diatas atap rumah. Didalam kotak tersebut berisi sebuah lempengan kaca bening yang dibawahnya terdapat lempengan penyerap panas. Air atau cairan yang akan dipanaskan melewati pipa-pipa yang terletak dibawah lempengan penyerap panas tersebut. Lempengan penyerap panas dibungkus oleh lapisan isolasi agar panas tidak keluar, tetapi sistem isolasi ini belum maksimal karena panas sangat mudah terbawa keluar oleh faktor cuaca.

  2. Penemuan yang paling kontemporer di abad 21 adalah pemanas air dengan kolektor penyerap panas Sistem Tabung Vacuum yang sangat sensitif (cepat) menyerap panas dan sangat efisien menyimpan panas. Tabung vacuum terdiri dari dua tabung kaca yang membentuk lapisan. Tabung lapisan dalam dilapisi dengan lapisan penyerap terbaik yang menyerap energi surya dengan sempurna dan menahan pembuangan panas. Antara dua lapisan tersebut terbentuk suatu ruang vacuum (hampa udara), yang dapat meminimalisasi pembuangan panas. Tabung-tabung ini bekerja sangat baik dalam segala kondisi cuaca bahkan pada saat mendung dan temperatur rendah (bersalju). Tabung ini terbuat dari 100% kaca borosilicate (pyrex). Penyerapan panas pada sistem tabung vacuum diterima secara radiasi. Sehingga, persentase kehilangan panas sangat kecil.


    Kami merekomendasikan pemanas air dengan Sistem Teknologi Terkini, yaitu Teknologi Tabung Vacuum yang sudah sangat dikenal di Eropa dan Amerika.

    Berikut ini adalah pendapat ahli sains Mr.Gavin D.J. Harper yang berasal dari kota Essex – Inggris.

    Suatu saat di masa depan Semua Solar Water Heater akan menggunakan Teknologi Tabung Vacuum

    Pemanas Air Tenaga Matahari Teknologi Tabung Vacuum memiliki Tingkat Penyerapan Energi Matahari sangat optimal, karena Teknologi TabungVacuum dapat menyerap Tenaga Matahari dari sudut manapun ke seluruh sisi pemukaan tabung tanpa dipantulkan keluar, sehingga tiap-tiap Tabung Vacuum bekerja sangat Efektif dan Efisien tidak hanya pada waktu tengah hari, melainkan setiap hari sepanjang tahun. Kelebihan lain dari tabung vacuum adalah dapat menyekat panas yang terdapat di tabung bagian dalam dengan tingkat pembuangan panas heat loss < 4%

Sistem Kerja :

Pemanas air INTI SOLAR system Tabung Vacuum bekerja berdasarkan fenomena ‘Thermosyphon’ yaitu konveksi alamiah yang mensirkulasikan air panas di dalam tabung – tabung vacuumkedalam tangki penyimpanan air panas yang berada diatasnya (Air panas pada kemiringan tertentu akan bergerak ke atas sementara air dingin akan bergerak kebawah), tanpa menggunakan pompa atau motor apapun. Air dingin turun kebagian bawah tabung vacuum dimana air itu dipanaskan oleh energi matahari, air tersebut akan naik ke atas tangki penyimpanan air panas manakala mencapai suhu panas tertentu dan siap digunakan.