Cara Memperbaiki Pemanas Air Tenaga Surya

Cara Memperbaiki Pemanas Air Tenaga Surya

Cara Memperbaiki Pemanas Air Tenaga Surya

Cara memperbaiki pemanas air tenaga surya – Memang cara memperbaiki pemanas air tenaga surya tergantung dari mereknya. Namun karena alat pemanas air tipe ini terbilang sederhana, maka untuk memperbaikinya rata-rata terbilang sama dan mudah. Kotak pemanas primer dari alat ini dihubungkan ke PVC tembagah atau jenis pipa lainnya. Jika terjadi kebocoran maka bisa ditambal atau diganti. Berikut ini cara dalam memperbaiki pemanas air bertenaga matahari yang bocor.

Langkah dan cara memperbaiki pemanas air tenaga surya

Cara memperbaiki solar water heater dapat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cek masalahnya

Pertama-tama Anda harus tahu letak masalah kebocoran yang terjadi dengan cara menelusurinya. Pada pemanas ini, terdapat banyak cabang di pipa interior yang bisa saja sewaktu-waktu bocor atau pecah segelnya.

  1. Matikan air

Sebelum Anda memperbaiki pemanas air tenaga matahari ini, matikan terlebih dahulu aliran airnya agar sistem pemanas dapat kering. Lalu ambil pemanas air solar tersebut dari dudukannya dan lepas satu per satu pipa yang menempel di tiap sisinya, air yang tersisa dapat mengalir keluar ketika Anda mencopot pipa tersebut. Jangan lupa lepaskan juga bagian pslexiglas agar Anda bisa mendapatkan akses ke pipa bagian dalam. Pastikan pipa betul-betul kering sebelum Anda melanjutkan.

  1. Memperbaiki pipa yang bocor

Jika pipa terbuat dari bahan sejenis tembaga atau logam, maka cara memperbaiki water heater bocor sangatlah gampang. Anda tinggal menembelnya atau memulaskan sealant ke lubang yang bocor. Tapi ada juga perbaikan rumit dimana Anda perlu melakukan pemotongan serta mengganti pipa yang bocor.

Untuk pipa jenis PVC paling sering mengalami bocor di bagian sikunya akibat korosi dan sebagainya. Anda bisa memotong pipa yang bocor kemudian menyegel bagian tersebut dengan cara menyambungnya dengan memakai pipa yang baru. Perbaikan lain mungkin diperlukan pengelasan pada bagian pipa yang perlu disambung. Namun, cara ini bisa mengakibatkan kebocoran lagi di masa depan akibat korosi yang terjadi.

  1. Mengecat pipa yang baru

Jika Anda mengganti pipa bocor dengan baru atau menembelnya dengan sealant dan melihat warnanya berbeda, maka bisa dilakukan pengecatan agar warnanya sama. Dengan begini tidak akan kelihatan bagian tembelan atau pipa mana yang diganti. Setelah Anda selesai mengecat dan cat itu sudah kering, maka dudukkan kembali water heater ke tempat asalnya. Hubungkan kembali ke sumber air kemudian lakukan pengetesan dengan cara membuka aliran airnya. Coba perhatikan apakah solar water heater sudah berfungsi dengan benar selama 24 jam untuk memastikan tak ada yang bocor lagi.

Kalau Anda merasa kebingungan bagaimana cara memperbaiki pemanas air tenaga surya yang bocor, maka Anda cukup menghubungi tenaga kerja profesional yang sudah paham akan hal ini.

 

Deskripsi: Berikut ini langkah-langkah dan cara memperbaiki pemanas air tenaga surya yang bocor. Gunakan tipsnya agar pemanas air dapat berfungsi dengan baik kembali.

Tags: cara memperbaiki pemanas air tenaga surya, memperbaiki pemanas air tenaga matahari, cara memperbaiki water heater bocor

 

 

Cara Memperbaiki Pemanas Air Tenaga Surya

WhatsApp chat