Kenapa Keluarga Kecil Perlu Pemanas Air Tenaga Surya

Kenapa Keluarga Kecil Perlu Pemanas Air Tenaga Surya

Kenapa Keluarga Kecil Perlu Pemanas Air Tenaga Surya

Kenapa keluarga kecil perlu pemanas air tenaga surya dan apakah keuntungan yang didapatkan darinya? Solar water heater merupakan mesin pemanas air yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini termasuk keluarga kecil. Jika dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik atau gas, water heater ini jauh lebih efektif dan efisien. Pemanas air tenaga solar menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utama. Berbeda dengan pemanas air lainnya yang menggunakan sumber daya alam tidak dapat diperbarui.

Alasan Keluarga Kecil Perlu Pemanas Air Tenaga Surya

Jika dilihat dari biaya pemasangan serta harganya, produk pemanas air tenaga matahari memang sedikit lebih mahal. Namun harga tersebut sangat sebanding dengan kinerja yang dihasilkan. Tak heran jika solar water heater lebih banyak digunakan oleh masyarakat menengah ke atas. Terdapat banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan pemanas air tenaga matahari, antara lain:

  • Lebih ekonomis

Keuntungan pemanas air tenaga matahari bagi keluarga kecil adalah lebih ekonomis. Menggunakan pemanas air tenaga matahari benar-benar hanya menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utamanya. Hanya pada saat tertentu saja pemanas ini memerlukan arus listrik. Dengan demikian, tagihan listrik untuk pemanas air ini pastilah jauh lebih kecil dibanding pemanas air jenis lainnya. Terlebih memang investasi awal pemasangan pemanas air tenaga solar tergolong tinggi. Akan tetapi, kinerja pemanas ini jauh lebih tahan lama. Distributor juga umumnya memberikan waktu garansi yang panjang sampai 8 tahun. Jadi, jika masih dalam waktu garansi terjadi kerusakan maka pihak distributorlah yang akan bertanggung jawab. Jadi, pemanas air tenaga listrik atau gas jatuhnya akan jauh lebih besar tagihan setiap bulannya.

  • Aman dan ramah lingkungan

Pemanas air tenaga surya bagi keluarga kecil hanya memanfaatkan sinar matahari yang meupakan sumber alami atau dapat diperbarui. Hal ini membuat mesin pemanas air tenaga solar tidak menghasilkan sisa pemanasan seperti asap maupun zat polutan berbahaya lainnya. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik yang memiliki resiko tinggi akan korsleting yang menyebabkan arus listrik dapat merambat melalui air. Bahkan untuk pemanas air tenaga gas, resiko kebocoran pipa sangat tinggi. Selain dapat menghasilkan asap pembakaran, resiko ledakan dan kebakaran juga lebih tinggi.

  • Sumber energi tak berbayar sepanjang tahun

Sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa pemanas air tenaga matahari menggunakan sinar matahari saja sebagai sumber tenaga utama. Indonesia merupakan negara tropis yang memperoleh pancaran sinar matahari melimpah. Tentu saja penggunaan pemanas air tenaga solar bagi keluarga kecil merupakan pilihan tepat. Sinar matahari akan ditangkap dan dikumpulkan oleh panel kolektor yang kemudian disimpan pada tabung untuk dialirkan ke seluruh saluran instalasi pipa untuk sampai ke penggunanya. Tak perlu khawatir jika cuaca sedang tak mendukung karena kinerja pemanas air ini masih didukung denga energi listrik yang merupakan sumber tenaga cadangan.

Ternyata alasan kenapa keluarga kecil perlu pemanas air tenaga surya jika dibandingkan pemanas air lainnya. Untuk itu, penggunan pemanas air tenaga matahari saat ini lebih disarankan untuk diaplikasikan.

Oleh: intisolar.com

WhatsApp chat