Pemanas Air Tenaga Surya Sangat Tepat Diaplikasikan Untuk Kebutuhan Bandara

Pemanas Air Tenaga Surya Sangat Tepat Diaplikasikan Untuk Kebutuhan Bandara

Pemanas air tenaga surya merupakan salah satu terobosan yang merupakan buah tangan dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Sebelumnya, pemanas air tenaga listrik jauh lebih popular dan dikenal. Namun saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang berpindah hati ke pemanas air bertenaga matahari untuk pemenuhan kebutuhan air panas mereka.

Alasan Pemanas Air Tenaga Surya Tepat Diaplikasikan di Bandara

Bandara merupakan salah satu tempat umum yang membutuhkan keberadaan air panas sebagai salah satu fasilitasnya. Ada banyak sekali varian pemanas air, namun yang paling tepat untuk diterapkan adalah solar water heater. Berikut ini beberapa alasannya.

  • Biaya operasional lebih terjangkau

Pada awal pemasangan pemanas air bertenaga surya, memang banyak yang mengeluhkan biaya yang dikeluarkan cukup besar. Namun jangan cemas, meski harga komponennya lebih mahal, namun biaya perawatan dan biaya operasional pemanas air tenaga surya jauh lebih terjangkau. Dapat dibilang bahwa pemanas ini hanya membutuhkan biaya besar pada pemasangannya saja. Setelah itu, pemilik tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan dan perbaikan layaknya pada pemanas air tenaga listrik. Hal ini dikarenakan komponen jenis pemanas ini jauh lebih sederhana namun berkualitas tinggi sehingga tahan lama. Dan satu hal lagi bahwa pemanas air tenaga solar hanya menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utama sehingga tidak perlu membayar tagihan listrik bulanan yang dapat membengkak setiap waktu layaknya saat menggunakan pemanas air tenaga listrik.

  • Memiliki resiko bahaya yang jauh lebih sedikit

Pemanas air tenaga matahari memiliki resiko bahaya yang jauh lebih rendah dibanding pemanas air tenaga listrik. Berbeda dengan pemanas bertenaga listrik yang sarat dengan arus listrik, pemanas ini juga memiliki sistematika penempatan tabung penampung air serta unit yang terpisah dengan saluran dimana air panas digunakan. Tidak heran jika pemanas yang satu ini dijadikan sebagai pemanas yang paling aman untuk digunakan. Penggunaan pemanas air tenaga listrk sangat riskan dengan sengatan arus listrik yang dapat membahayakan para penggunanya dan dapat teralirkan melalui air panas yang dihasilkan.

  • Mendukung program penghematan energy

Alasan yang selanjutnya mengapa pemanas air tenaga surya sangat tepat diaplikasian di bandara adalah karena sangat mendukung program dunia untuk menghemat energi. Pemanas air jenis ini hanya menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utamanya. Dimana sinar matahari merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Tidak seperti energi listrik yang akan habis jika digunakan secara terus menerus.

  • Proses instalasi lebih mudah

Yang sangat penting lagi untuk diperhatikan, proses instalasi komponen dan unit pemanas air tenaga matahari juga jauh lebih sederhana dan mudah dibandingkan pemanas jenis lainnya.

Setelah membaca penjelasan dan uraian di atas, dapat diketahui bahwa pemanas air tenaga surya memang sangat direkomendasikan untuk diterapkan di berbagai tempat termasuk di bandara. Kebutuhan bandara akan air panas dapat tercover dengan maksimal dan aman dengan mengaplikasikan pemanas air bertenaga matahari.

Oleh: intisolar.com

Pemanas Air Tenaga Surya Sangat Tepat Diaplikasikan Untuk Kebutuhan Bandara

WhatsApp chat