Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat Mandi Air Hangat

 

Manfaat Mandi Air Hangat

 

Seperti yang Anda ketahui pemanas air kini dipergunakan tidak lagi hanya di hotel- hotel ataupun penginapan mewah seperti dulu, tetapi kalangan rumah tangga perorangan juga sudah banyak yang mempergunakannya. Mungkin sebagian dari Anda malah sudah ada yang mempergunakannya, atau baru berencana akan mempergunakannya?. Ya memang, jika Anda mandi dengan menggunakan air hangat atau air dingin akan memberikan efek dan manfaat yang berbeda bagi tubuh Anda. Tapi apakah Anda sudah tau mengenai manfaat Air Hangat tersebut, khususnya jika dipergunakan untuk mandi?. Jika belum, berikut merupakan beberapa manfaat mandi air hangat :

 

  1. Menghilangkan stress.Dengan Anda mandi atau berendam menggunakan air hangat, bermanfaat meredam stress yang Anda alami setelah berkativitas seharian. Jika ingin lebih rileks, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial kedalam bak mandi Anda.
  2. Meningkatkan kesehatan jantung.Dr Bruce E. Becker, Direktur Medis dari St Luke Rehabilitasi Institute, telah menyarankan bahwa mandi air hangat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena ketika Anda sedang berendam dalam air hangat, hal tersebut memberikan tekanan pada tubuh yang akan menstimulasi kerja pada jantung Anda.
  3. Membuat tubuh lebih bersih.Air hangat lebih ampuh mengangkat kelebihan minyak dan kotoran yang menempel di permukaan kulit Anda, sehingga Anda akan merasa lebih bersih, segar, dan kulit juga akan menjadi lebih sehat.
  4. Memperlancar peredaran darah. Saat berendam di air hangat, peredaran darah Anda akan menjadi lebih lancar, sehingga asupan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh dapat terpenuhi secara maksimal. Hal tersebut akan berdampak baik bagi tubuh Anda yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus juga mengurangi resiko penyakit yang diakibatkan karena sirkulasi darah yang kurang lancar, seperti jantung, stroke, anemia, kanker, leukimia, dan  penyakit lainnya.
  5. Membuka pori-pori kulit. Dengan suhu air yang sedikit hangat dapat membuka pori-pori kulit Anda. Pori-pori yang terbuka juga penting dalam proses menghilangkan kotoran-kotoran yang berada di kulit.Terlebih lagi jika Anda suka menggunakan krim perawatan kulit, hal tersebut akan sangat membantu karena nutrisi dari krim akan lebih efektif masuk dan lebih cepat meresap.
  6. Membuat tidur lebih lelap. Jika Anda mempunyai masalah dengan gangguan susah tidur (insomnia), Anda tidak perlu khawatir. Tidak ada salahnya Anda mencoba berendam di air hangat karena hal tersebut akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan menjadikan peredaran darah lebih lancar, dengan begitu tidur Anda akan lebih nyenyak.
  7. Menghilangkan racun di tubuh. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa mandi air hangat dapat membuka pori-pori kulit. Dengan terbukanya pori-pori kulit, toksin atau racun dari dalam tubuh dapat lebih mudah untuk dikeluarkan.
  8. Menurunkan tingkat gula darah. Menurut New England Journal of Medicine, berendam di bak mandi dengan air hangat dapat membantu menurunkan tingkat gula darah. Hal ini menjadi sangat membantu bagi Anda yang menderita diabetes atau yang hanya sekedar ingin menurunkan tingkat gula darah Anda.
  9. Mengurangi penyakit kulit.Membantu untuk mengurangi eksim dan penyakit kulit lainnya seperti ruam atau gatal-gatal dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) ke dalam bak mandi. Sodium bikarbonat bertindak sebagai antiseptik . Cukup ikuti instruksi berikut: Isi air hangat dengan satu sendok baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan untuk berendam selama 10-20 menit.
  10. Menyembuhkan infeksi yeast.Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat sendok cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Dianjurkan berendam selama 15 – 20 menit. Kegiatan ini juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, karena cuka dapat menyeimbangkan kembali kadar keasaman tubuh.
  11. Menghilangkan gejala flu.Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala juga menyegarkan kaki yang lelah setelah beraktifitas seharian. Tuangkan air hangat ke dalam bak mandi kira-kira sampai pergelangan kaki, kemudian Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti lavender, peppermint atau lemon. Aduk rata larutan tersebut, kemudian rendam kaki selama 10-20 menit. Setelah selesai bilas dengan air dingin.
  12. Mengurangi rasa pegal. Apabila otot terasa pegal, rendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit garam. Pada umumnya rasa pegal akan berkurang/ hilang dengan cara seperti ini.

 

Itulah beberapa manfaat mandi menggunakan air hangat,tetapi berhati-hatilah jika Anda akan mempergunakan air hangat untuk mandi, pastikan air yang Anda gunakan tidak terlalu panas karena dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan kulit. Tetapi Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan pelembab kulit seusai mandi atau berendam air hangat agar kelembaban kulit Anda tetap terjaga.