7 Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Surya Sendiri

7 Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Surya Sendiri

7 Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Surya Sendiri

Cara membuat pemanas air tenaga surya Memang saat ini telah banyak tersedia pemanas air di pasaran. Dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik dan gas maka pemanas air tenaga matahari lebih difavoritkan oleh masyarakat. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari keuntungan penggunaannya yang lebih besar. Salah satunya adalah lebih hemat energi. Pemanas air tenaga surya benar-benar hanya memanfaatkan sinar matahari sebagai suplai tenaga utama.

Cara membuat pemanas air tenaga surya sendiri

Pemanas air dengan tenaga matahari memang telah banyak tersedia di pasaran. Namun bagi Anda yang memiliki keterampilan, pemanas dengan memanfaatkan tenaga surya ini dapat dibuat sendiri dengan mudah. Pembuatan pemanas ini membutuhkan beberapa selang dan pipa yang sengaja disusun zigzag di atas panel papan. Hal ini bertujuan supaya energi panas yang diperoleh selang pipa tersebut dapat menyebar secara merata sebelum akhirnya dialirkan pada air. Berikut ini adalah beberapa langkah atau cara membuat pemanas air tenaga matahari yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

  1. Buatlah lubang pada galon

Langkah pertama dalam membuat pemanas air tenaga solar sederhana di rumah adalah dengan melubangi galon pada bangian atas dan bawah dengan diameter yang sama dengan diameter selang.

  1. Pasanglah pipa paralon dan sambungan T

Kemudian pasanglah pipa paralon dan sambungan T dengan merekatkan silicone rubber lalu sambung dengan selang.

  1. Bungkus galon dengan aluminium foil

Lalu bungkuslah galon dengan aluminum foil secara keseluruhan supaya suhu air panas di dalamnya tetap terjaga dan tahan lama.

  1. Pasang selang dengan alu zigzag di atas papan pelat besi

Cara membuat pemanas air tenaga solar selanjutnya adalah dengan memasang selang mengikuti aturan pemasangan zigzag di atas papan pelat besi.

  1. Masukkan ujung selang ke lubang galon

Kemudian masukkan ujung selang ke dalam bagian atas galon yang sudah dilubangi dan rekatkan lagi dengan silicone rubber. Lalu tempatkan galon di dekat kamar mandi

  1. Letakkan papan panel selang di atas atap rumah

Langkah berikutnya dalam pembuatan solar water heater adalah meletakkan papan panel di atas atap rumah supaya dapat menangkap sinar matahari secara sempurna sepanjang hari. Selanjutnya, aliri galon dengan air sampai terisi penuh, tapi jangan sampai overload.

  1. Air panas dalam galon pun siap dialirkan

Terakhir tinggal menunggu sekitar 5 hingga 6 jam maka suhu 50 derajat air panas sudah bisa diperoleh untuk berbagai keperluan seperti mandi, cuci piring, cuci baju, dan sebagainya.

Ternyata cara membuat pemanas air tenaga surya tidak serumit yang dibayangkan. Dengan mengikuti beberapa langkah yang tertera di atas, cara pembuatannya akan jauh lebih mudah dan praktis. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pemanas ini juga mudah dijumpai.

 

Deskripsi: Pemanas air tenaga surya ternyata dapat dibuat sendiri di rumah. Temukan berbagai cara membuat pemanas air tenaga surya sendiri di sini!

Tags: cara membuat pemanas air tenaga surya, pemanas air tenaga matahari, pemanas air tenaga solar, solar water heater

 

7 Cara Membuat Pemanas Air Tenaga Surya Sendiri

WhatsApp chat