Cara Cuci Masker Kain Dengan Air Dari Pemanas Air Tenaga Matahari

Cara Cuci Masker Kain Dengan Air Dari Pemanas Air Tenaga Matahari

Mencuci masker menggunakan air panas dari pemanas air tenaga matahari saat ini menjadi hal yang penting dimasa pandemi ini. Sejak pemerintah mengeluarkan himbauan untuk selalu menggunakan masker saat akan keluar, menyebabkan peningkatan kebutuhan masker semakin tinggi.

Oleh karena itu masyarakat lebih memilih untuk menggunakan masker kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali. Ada baiknya masker tersebut dicuci dengan menggunakan air panas. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencuci masker kain dengan benar agar bersih dan tidak ada lagi virus yang menempel.

Mencuci masker kain dengan air panas dari pemanas air tenaga matahari

Mencuci masker kain dengan air panas dari solar water heater menjadi hal yang penting dilakukan dimasa pandemi seperti ini. Hal ini karena kita tidak tahu apakah virus tersebut menempel pada masker kain atau tidak. Oleh karena itu lebih baik untuk selalu mencuci masker ketika sudah pernah digunakan keluar rumah. Mencuci masker sendiri untuk menghilangkan virus disarankan menggunakan air panas dengan suhu sekitar 60 hingga 65 derajat Celsius.

Agar tidak terlalu repot, Anda bisa menggunakan air panas dari pemanas air tenaga solar. Selain menghemat waktu, Anda juga bisa menghemat biaya gas. Berikut ini caranya:

  1. Rendam masker

Rendam masker menggunakan air panas dan juga detergen beberapa saat. Perendaman ini berguna untuk membunuh virus ataupun kotoran yang menempel pada masker.

  1. Bilas masker

Setelah Anda rendam untuk beberapa menit, kucek masker untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Kemudian bilas masker kain dengan air yang mengalir hingga busa detergen juga hilang. Untuk membilasnya Anda tidak perlu menggunakan air hangat. Cukup dengan air yang bersih dan mengalir saja.

  1. Keringkan

Setelah dibilas keringkan masker kain di bawah sinar matahari langsung, atau jika Anda menggunakan mesin cuci, maka keringkan dengan mesin pengering. Namun akan lebih baik untuk mengeringkannya secara langsung di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

  1. Setrika

Setelah masker mengering, jangan langsung digunakan. Anda bisa menyetrikanya terlebih dahulu dengan suhu yang biasa Anda gunakan untuk menyetrika kain. Panas dari setrika akan membantu untuk memastikan bahwa virus benar-benar hilang dan masker sudah bersih. Jika sudah Anda setrika, maka masker bisa Anda gunakan kembali.

Tahapan tersebut harus benar-benar dilakukan dengan baik, terutama dengan menggunakan air panas. Hal ini karena beberapa studi mengatakan bahwa sebagian virus penyebab flu akan mati jika terkena suhu tinggi. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan air panas untuk mencuci dan mengeringkannya secara langsung di bawah sinar matahari.

Demikian artikel mengenai cara mencuci masker kain menggunakan air panas dari pemanas air tenaga matahari yang mungkin berguna untuk Anda.

 

Oleh: intisolar.com

Cara-Cuci-Masker-Kain-Dengan-Air-Dari-Pemanas-Air-Tenaga-Matahari

WhatsApp chat