Daftar Kelebihan Alat Energi Matahari Pada Pemanas Air

Daftar Kelebihan Alat Energi Matahari Pada Pemanas Air

Kelebihan alat energi matahari pada pemanas air lebih banyak jika dibandingkan dengan pemanas bertenaga listrik atau gas. Memang pada awalnya pemasangan pemanas air tenaga matahari membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Namun jika ditinjau lebih jauh, nilai efektif dan efisien dari penggunaan pemanas ini jauh lebih tinggi. Jika ditinjau lebih jauh, bumi saat ini berada dalam kondisi yang kurang baik. Kelangkaan bahan bakar semakin merajalela.

Kelebihan Alat Energi Matahari Pada Pemanas Air

Sebagai masyarakat yang bijak, tentu akan memiliki pemanas air yang bertenaga surya dibanding pemanas air lainnya. Hal ini dikarenakan pemanas air tenaga surya menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi utama. Berbeda dengan pemanas tenaga listrik dan gas yang menggunakan sumber energi tak terbarukan. Berikut ini adalah daftar kelebihan pemanas air bertenaga surya.

  • Merupakan energi yang bersih

Kelebihan pertama pemanas air bertenaga surya adalah merupakan energi yang bersih. Artinya, pemanas air yang memanfaatkan sinar matahari dapat meminimalisir emisi gas rumah kaca. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang menghasilkan asap atau polutan lain yang dapat membahayakan kesehatan dan juga kelestarian lingkungan sekitar. Terlebih pemanas air bertenaga surya dapat bertahan hingga 30 tahun. Dengan begitu, perhitungan akumulasi rongsok tidak akan sangat parah layakya pemanas air tenaga listrik atau gas yang memiliki masa pakai jauh lebih pendek.

  • Merupakan energi tak berbayar

Penggunaan pemanas air untuk mencukupi kebutuhan air panas sehari-hari juga tidak selamanya identic dengan biaya tinggi. Seperti halnya pemanas air tenaga listrik atau gas yang menelan biaya tinggi karena tagihan. Namun pemanas dengan tenaga surya tidaklah membutuhkan biaya karena sinar matahari merupakan sumber energi utama yang tersedia melimpah tanpa harus membayar. Hanya saja pemasangannya memang membutuhkan modal yang lebih tinggi, namun nilai keefektifannya jauh lebih besar.

  • Dapat diakses dengan bebas

Masih banyak daerah terpencil yang minim akses listrik atau gas. Untuk itu, solar water heater menjadi pilihan utama dalam pemenuhan air panas. Unit pemanas bertenaga matahari dapat dipasang dimanapun meski tanpa suplai energi listrik asalkan lokasi tersebut terkena paparan terik matahari langsung.

  • Merupakan energi terbarukan

Pemanas air tenaga matahari menggunakan sinar matahari sebagai sumber tenaga utama. Sinar matahari merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Dengan begitu, ketersediaannya akan selalu ada meski digunakan sepanjang waktu. berbeda dengan listrik atau gas yang merupakan smber daya alam tak terbarukan. Penggunaan dalam jangka panjang akan memperngaruhi keseimbangan alam dan masalah bagi para generasi penerus.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kelebihan alat energi matahari pada pemanas air jauh lebih banyak dibanding pemanas air tenaga listrik atau gas. Bahkan jika terpaksanya lokasi tidak memperoleh suplai matahari yang melimpah, masih dapat menggunakan energi listrik atau gas.

Sumber: intisolar.com

WhatsApp chat