Artikel

Pemanas Air Tenaga Matahari Untuk Memandikan Bayi

Sebagai ibu yang sedang memiliki balita, pemanas air tenaga matahari akan memberikan manfaat yang signifikan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Menggunakan air rebusan atau air yang dimasak di kompor akan membuat Anda bekerja dua kali dan memakan waktu yang cuku lama.

Dalam merawat bayi, khususnya yang baru berumur di bawah 6 bulan membutuhkan perhatian ekstra karena pentingnya tumbuh kembang bayi pada saat usia tersebut. Terlebih lagi bayi masih sangat sensitif maka perlu berhati-hati dan melakukan penanganan yang tepat dalam merawat bayi.

Manfaat pemanas air tenaga matahari untuk memandikan bayi

  1. Efisiensi Waktu

Menjadi ibu yang memiliki bayi tentu saja sangat sibuk. Tak jarang juga banyak yang menjadi seorang ibu dengan titel wanita karier dan memiliki anak lebih dari satu. Saat pagi hari merupakan waktu aktivitas yang cukup padat, khususnya bagi ibu yang masih memiliki bayi.

Bunda tentu paham sekali akan rutinitas yang harus dilakukan pada pagi hari dan sore hari dalam hal menjaga kebersihan si kecil, yaitu memandikan si kecil. Pengaturan suhu tubuh si kecil belum sempurna seperti anak-anak yang berumur di atas satu tahun. Bunda harus memperhatikan suhu air mandi yang tepat untuk si kecil yaitu suam-suam kukku (36-37oC).

Selain itu, si kecil tidak boleh lepas dari pengawasan bunda. Mungkin bisa saja meninggalkan air yang sedang dimasak di kompor dan melakukan aktivitas lain sambil menunggu air yang dimasak siap untuk digunakan. Namun, tak jarang bunda terlupakan dan air yang digunakan menjadi terlalu panas atau berkurang volumenya.

Menggunakan solar water heater dapat menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien untuk memandikan bayi. Tak perlu menunggu lama untuk membuat airnya panas atau hangat karena bunda hanya perlu menyalakan atau memutar keran pipa air solar water heater.

  1. Penggunaan yang Praktis

Pemanas air tenaga matahari juga dapat meminimalisir alat yang biasanya harus disiapkan untuk memasak air. Bila menggunakan kompor, bunda perlu mengecek ketersediaan gas. Namun bila menggunakan pemanas air tenaga matahari, bunda tidak perlu menggunakan kompor.

Selain itu tak perlu repot menyiapkan panci, menuang air ke dalam panci, bahkan menunggu airnya siap digunakan. Hanya dengan menyalakan atau memutar keran yang tersalurkan oleh pipa solar water heater, bunda sudah bisa mendapatkan apa yang sangat diperlukan untuk memandikan si kecil.

  1. Mengurangi Risiko yang Berbahaya

Penggunaan kompor serta gas rentan akan risiko yang berbahaya. Dalam segala aktivitas yang cukup banyak dilakukan, terkadang tidak teliti dalam memperhatikan detail-detail yang dapat memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas, solar water heater memakai panel tenaga surya atau kolektor.

Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Pemanas air tenaga solar dapat menjadi solusi dalam mengurangi risiko yang berbahaya saat menyiapkan air mandi untuk bayi. Tak perlu berhadapan dengan api kompor ataupun gas yang dapat memicu terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan pemanas air tenaga matahari untuk mandi si kecil.

 

Oleh: intisolar.com