Artikel

Solar Water Heater Bisa Untuk Atasi Wastafel Tersumbat?

Solar water heater adalah metode cepat untuk mendapatkan air panas melalui tenaga matahari. Salah satu manfaat dari air panas adalah untuk membersihkan wastafel yang mampat. Permasalahan wastafel merupakan hal umum yang sering terjadi di rumah, saat sisa kotoran menumpuk.

Atasi wastafel tersumbat dengan solar water heater

Pada umumnya hal yang menyebabkan wastafel tersumbat adalah sisa makanan, sayur hingga sampah yang menyumbat saluran air. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi wastafel yang tersumbat dengan air hangat, seperti pada penjelasan berikut ini:

  1. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara pertama yang paling efektif untuk mengatasi wastafel yang mampat adalah menggunakan sabun cuci piring dan air panas yang didapatkan dari pemanas air tenaga surya. Bahan tersebut dapat digunakan untuk mengatasi sumbatan pada wastafel yang diakibatkan oleh lemak atau minyak yang menumpuk.

Langkah yang bisa kalian lakukan yakni, tuang sabun cuci piring secukupnya pada saluran pembuangan wastafel, kemudian tuang air mendidih yang didapatkan dari pemanas air tenaga surya untuk melarutkan sumbatan minyak. Kalian dapat menggunakan cara ini setiap kali wastafel kalian tersumbat atau membersihkan sekali dalam seminggu.

  1. Menggunakan Soda Kue dan Air Panas

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan soda kue. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian tinggal menyiramkan air panas dalam saluran wastafel yang tersumbat, setelah itu diamkan selama 20 menit. Kemudian taburkan soda kue dan diamkan selama satu malam. Kalian juga bisa menambahkan sedikit cuka satelah tahap soda kue.

Baru pada keesokan harinya larutan yang telah ditabur pada malam hari, disiram kembali dengan air panas. Hal tersebut agar hasil yang didapat akan maksimal, kalian juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon sebelum disiram dengan air panas. Beberapa tambahan zat atau larutan dalam jeruk nipis bersifat membersihkan dan melarutkan minyak yang menyebabkan wastafel tersumbat.

  1. Menggunakan Cairan Cuka

Cara selanjutnya adalah menggunakan cairan cuka. Cairan cuka berfungsi untuk melarutkan kotoran yang menyumbat pada wastafel. Kalian bisa melakukan cara ini, saat kotoran tidak bisa dilarutkan dengan cairan apa pun. Langkah yang bisa kalian lakukan adalah menuangkan cuka ke dalam lubang wastafel, kemudian tunggu hingga 25-30 menit.

Setelah didiamkan dengan sejumlah waktu yang ditentukan siram lubang saluran air dengan air panas yang didapatkan dari pemanas air tenaga matahari. Selanjutnya kalian bisa menggunakan plunger agar bisa menarik kotoran yang menyebabkan saluran wastafel tersumbat. Lalu siram kembali menggunakan air panas.

Demikian cara atau langkah yang bisa kalian lakukan di rumah untuk mendapatkan wastafel yang bersih dengan air panas yang didapatkan dari solar water heater. Jika tidak tahu cara pemasangannya maka silahkan hubungi jasa servis Intisolar terpercaya untuk membantu Anda.

 

Oleh: intisolar.com