Artikel

11 Manfaat Biji Selasih yang Diseduh Pemanas Air Tenaga Solar

Salah satu alat penghasil air panas yang modern dan sering digunakan saat ini adalah pemanas air tenaga solar. Tidak hanya dipakai untuk mandi, alat pemanas ini ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengobati beberapa penyakit.

Manfaat biji selasih yang diseduh pemanas air tenaga solar

  1. Bagus untuk otot dan tulang

Biji selasih mengandung kalsium, magnesium dan zat besi yang berperan penting menjaga tulang, fungsi otot serta produksi sel darah merah. Karena itulah banyak orang mempercayai dengan rutin mengonsumsi biji selasih bisa menjaga kesehatan.

Tidak hanya itu, minum biji selasih yang diseduh air hangat mampu memenuhi kebutuhan harian.

  1. Memiliki banyak serat

Biji selasih memiliki serat yang tinggi membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Serat tersebut mampu memelihara bakteri baik pada usus. Tidak hanya baik untuk usus, biji selasih juga bermanfaat guna mengontrol gula darah dan kolesterol.

  1. Melawan radikal bebas

Senyawa Flavonoid yang terdapat pada biji selasih bertindak sebagai antioksidan yang menjaga sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Bahaya radikal bebas dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya hingga kematian.

  1. Meredakan demam secara alami

Mengonsumsi biji selasih yang diseduh air dari solar water heater dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Sehingga minum ramuan tersebut dapat membantu meredakan demam.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Biji selasih menjadikan tubuh sensitif terhadap insulin sehingga gula yang ada di darah bisa diubah menjadi energi. Gula darah akan terkontrol apabila Anda mengonsumsi air biji selasih ini dengan rutin.

  1. Mengandung mineral yang tinggi

Tubuh kita memerlukan mineral untuk beraktivitas sehari-hari. Biji selasih sebanyak satu sendok makan menyediakan 15% kebutuhan harian kalsium, serta 10% mencukupi kebutuhan magnesium dan besi harian.

  1. Menjadi sumber Lemak Omega-3

Mengonsumsi satu sendok biji selasih yang diseduh pemanas air tenaga matahari dapat mencukupi kebutuhan asam lemak omega-3 dalam sehari. Sehingga baik untuk kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Membantu menurunkan stres oksidatif

Stres oksidatif biasanya dipicu oleh tingginya radikal bebas dalam tubuh. Anda bisa menggunakan minuman biji selasih yang kaya akan anti oksidan untuk mencegahnya dengan mudah.

  1. Berperan menjaga kesehatan hati

Banyak masyarakat yang meyakini bahwa dengan rajin mengonsumsi biji selasih bisa menjaga kesehatan hati. Sehingga dapat mencegah penyakit lever atau penyakit lain yang berhubungan dengan organ hati.

  1. Melindungi kesehatan kulit

Salah satu manfaat yang didapatkan dari rutin mengonsumsi biji selasih adalah mampu membantu kesehatan kulit. Mengonsumsi air selasih juga dapat menunda penuaan dini.

  1. Mampu melawan infeksi

Kandungan zat dalam biji selasih dipercaya dapat berkhasiat untuk melawan bakteri dan kuman yang biasa menjadi penyebab infeksi.

Rutin mengonsumsi biji selasih yang diseduh pemanas air tenaga solar dapat menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, juga bagus untuk digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit secara alami.