Artikel

4 Hal Ini Bisa Dilakukan Saat Pasang Solar Water Heater

Anda memang tidak perlu khawatir apabila solar water heater sudah dipasang oleh teknisi yang berpengalaman. Akan tetapi tetap penting bagi Anda untuk memperhatikan tips bagaimana untuk memasang pemanas air tenaga surya tersebut dengan baik dan benar. Unit pemanas air yang terpasang dengan baik pastinya juga bisa bekerja dengan lebih efektif. Sehingga tidak akan menyebabkan berbagai macam masalah nantinya.

Selain itu hal ini juga penting ketika sewaktu-waktu Anda ingin menginstal sendiri unit pemanas air tenaga solar tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

Tips ketika mau pasang solar water heater

  1. Pastikan tempatnya tepat

Pertama adalah dengan memastikan bahwa tempat atau lokasi yang Anda gunakan tersebut sudah tepat. Energi yang digunakan untuk memanaskan air sudah pasti adalah energi panas matahari. Untuk itu sangat bagus apabila Anda bisa memilih tempat yang juga memungkinkan untuk panel kolektor menerima banyak sinar atau panas matahari.

Itulah mengapa kebanyakan pemanas air tenaga surya akan diletakkan di luar yaitu di atap rumah. Tujuannya agar energi panas tersebut bisa diserap dengan lebih maksimal. Selain itu pastikan juga mengenai lokasi atap Anda apakah terhalang oleh benda lain seperti pohon hingga spanduk atau baliho yang membuat panas matahari tidak bisa secara langsung menyinari kolektor.

  1. Memiringkan panel surya

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memiringkan panel surya tersebut. Panel surya tersebut berguna untuk menyerap energi panas matahari agar nantinya bisa disimpan dan digunakan dalam bentuk air panas.

Dalam pemasangan panel surya tersebut perlu dipasang dengan posisi yang miring sekitar 10 sampai 20 derajat. Tujuannya agar panel surya tersebut bisa mendapatkan panas dari matahari dengan lebih banyak.

  1. Saluran air panasnya

Jika rumah Anda termasuk dalam rumah dengan konsep modern, biasanya ada garis air panas. Jadi jika Anda menggunakan pemanas air tenaga matahari, Anda hanya perlu untuk menginstalnya saja.

Namun jika Anda tidak memiliki garis air panas tersebut maka penting untuk membuat saluran tersebut terlebih dulu. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat pipa instalasi air panas terlebih dulu yang menggunakan pipa tahan panas. Tabung air dengan pipa khusus tersebut akan digunakan untuk membantu memasok air panas. Selain itu juga ada dua jenis pipa yang digunakan yaitu yang tahan panas dan tahan lama.

  1. Menggunakan teknisi

Tips yang terakhir adalah menggunakan teknisi atau dukungan teknis. Anda bisa memilih untuk meminta bantuan dari teknisi yang sudah berpengalaman mengenai instalasi atau pemasangan solar water heater tersebut. Dengan demikian pemanas air Anda bisa terpasang dengan lebih aman dan juga tidak terjadi masalah yang ditakutkan.

Anda dapat sewa teknisi yang berpengalaman memasang water heater Intisolar di tempat resmi. Agar pemasangannya juga terjamin dan berkualitas.

 

Oleh: intisolar.com