Artikel

4 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Solar Water Heater

Solar water heater merupakan jenis pemanas air yang semakin banyak digunakan untuk memasok kebutuhan air panas. Dibalik mahalnya harga dari pemanas air ini ternyata juga memiliki cara pemasangan yang cukup rinci. Kesalahan arah pasang bisa menyebabkan suhu panas yang didapatkan kurang maksimal.

Beberapa hal perlu diperhatikan dengan seksama untuk mendapatkan panas yang cukup sehingga air mendapatkan suhu panas yang tepat.

Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum pasang solar water heater

  1. Berikan sudut kemiringan yang tepat

Dalam membuat sudut kemiringan untuk solar water ini juga tidak boleh asal-asalan untuk mendapatkan suhu panas yang tepat. Perlu diperhatikan bahwa panel solar ini akan mendapatkan panas yang tepat ketika sinar matahari yang jatuh berada lurus tegak dengan permukaan dari solarnya.

Untuk Indonesia sendiri dalam sudut kemiringannya direkomendasikan menggunakan 20-30 derajat dari permukaan tanah. Sementara untuk wilayah di luar garis khatulistiwa menggunakan ukuran 30-40 derajat dari permukaan tanah.

  1. Tentukan arah utara dari sinar matahari

Langkah berikutnya untuk pemasangan pemanas air tenaga surya adalah menentukan arah utara dari sinar matahari. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui arah utara sinar matahari seperti di bawah ini:

  • Pastikan lokasi yang dipilih jauh dari pohon tinggi dan bangunan yang berisiko.
  • Pada jam 11.43 siang cobalah untuk menancapkan sebuah kayu di atas tanah lalu lihat arah dari bayangannya. Jika arah bayangannya ada di Selatan maka Anda bisa fokus melihat pada bagian utaranya. Solar panel ini bisa dipasang pada arah utara dari bayangan tersebut.  Pemasangan berdasarkan arah ini bertujuan untuk mendapatkan pasokan sinar yang optimal setiap harinya.
  • Namun sebelum melakukan cara kedua di atas Anda bisa mencari terlebih dahulu waktu solar noon pada wilayah Anda. Bisa jadi berbeda wilayah juga akan mendapatkan waktu yang berbeda.
  1. Tentukan arah solar panel

Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah menentukan arah panel solarnya. Sama dengan menentukan arah utara dimana Anda bisa menggunakan beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Tentukan dahulu jumlah penggunaan air panas dari pagi sampai dengan sore.
  • Tentukan sisi dari atap rumah yang paling banyak mendapatkan paparan sinar matahari.
  • Pastikan lokasi yang dipilih minim terkena bayangan dari benda lain.
  1. Hal penting sebelum melakukan pemasangan

Terakhir yang perlu diperhatikan dalam pemanas air tenaga matahari adalah mengenai pemaksimalan fungsi dari solar water-nya. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk lokasi pemasangannya seperti di bawah ini:

  • Letak kemiringan dari panel solar yang dipasang.
  • Arah dari pemasangan panel solar.
  • Lokasi yang bebas dari gedung dan juga pohon besar.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemasangan solar water heater. Jika Anda merasa kesusahan dalam menentukan hal di atas, maka mintalah jasa pasang water heater di area Anda.

 

Oleh: intisolar.com