Artikel

5 Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Water Heater Surya

Water heater surya tidak hanya berguna untuk menghasilkan air panas, tapi juga bermanfaat untuk membersihkan tabung mesin cuci. Tabung mesin cuci memiliki dua tipe yakni tabung bukaan atas dan bukaan depan. Keduanya harus rajin dibersihkan agar tidak mudah rusak.

Cara membersihkan mesin cuci dengan water heater surya

  1. Isikan air panas dalam tabung

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengisi tabung mesin cuci dengan air panas. Memasukkan air panas ke dalam tabung tersebut bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa detergen yang masih menempel di dalam tabung.

Langkah selanjutnya adalah mengocok air panas yang di dalam tabung tersebut dengan cara menjalankan mesin cuci seperti biasa. Proses ini cukup dilakukan selama 5 sampai 10 menit saja, lalu buang lagi air tersebut untuk melanjutkan proses berikutnya.

  1. Tambahkan baking soda dan cuka putih

Setelah mengeluarkan air yang pertama, selanjutnya isilah tabung dengan air panas untuk yang kedua kalinya. Namun, pada tahap ini masukkan cuka putiih dan baking soda ke dalam air panas sebagai bahan tambahan agar tabung lebih bersih.

Tambahkan air cuka kira-kira sebanyak 3,5 cangkir dan baking soda sebanyak ½ cangkir ke dalam tabung. Kemudian hidupkan kembali mesin cuci selama 30 menit. Setelah selesai, biarkan air panas tersebut dalam tabung kurang lebih 1 jam.

  1. Bersihkan bagian luar mesin cuci

Sembari menunggu mengeluarkan air tadi dari tabung, Anda bisa menyiram bagian luar mesin cuci menggunakan pemanas air tenaga matahari, lalu beri sabun secukupnya. Anda bisa menambahkan cuka putih atau baking soda untuk menghilangkan kotoran yang membandel.

Kemudian gosok seluruh bagian luar mesin cuci dengan sikat yang bulunya tidak terlalu kasar. Gosok dengan cara memberikan sedikit penekanan pada sikat agar seluruh kotoran yang menempel bisa rontok.

  1. Lakukan penyiraman pada mesin cuci

Setelah menggosok bagian luar mesin cuci, proses selanjutnya adalah siram seluruh bagian menggunakan pemanas air yang bersumber dari energi matahari. Jangan lupa untuk menyiram bagian kedua tabung mesin cuci juga.

  1. Bilas mesin cuci

Setelah mengeluarkan air dari dalam tabung, selanjutnya lakukan pembilasan dengan menggunakan pemanas air tenaga matahari. Bilaslah sampai tabung benar-benar bersih dan tidak meninggalkan bau cuka putih atau baking soda di dalamnya.

Setelah itu, keringkan tabung mesin cuci menggunakan lap kain yang menyerap air atau Anda juga bisa menggunakan kanebo. Langkah ini terbukti ampuh untuk menjadikan tabung mesin cuci Anda seperti baru dibeli.

Water heater surya tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci baju, tetapi juga bisa dipakai untuk membersihkan mesin cuci. Anda juga bisa menambahkan cuka putih dan baking soda untuk membersihkan kedua tabung pada mesin cuci.