Artikel

5 Mitos dan Fakta Air Panas Solar Water Heater

Solar water heater ini membuat air menjadi panas. Dimana air panas ini memiliki manfaat bagi tubuh seperti mengurangi batuk atau membantu merilekskan pikiran. Namun ada beberapa mitos dan fakta terkait minum air panas yang masih belum terbukti. Yuk simak mitos dan fakta minum air panas.

Mitos dan Fakta Air Panas Buatan Solar Water Heater

  1. Air panas dapat membakar kalori

Ada yang menyatakan bahwa minum air panas setiap hari dapat menurunkan berat badan karena air panas akan membakar kalori lebih banyak dari pada air dingin. Ini adalah pikiran banyak orang yang bisa saja di salah artikan. Padahal menurut faktanya mengonsumsi air dingin dapat membakar kalori tubuh sedikit lebih efektif dibandingkan dengan air panas.

Penurunan berat badan dapat terjadi bila kalori yang keluar lebih banyak dari kalori yang masuk. Hal ini bisa diwujudkan dari olahraga, atau intermitten fasting atau makan-makanan yang rendah kalori dan menjaga porsi makan. Minum air panas bukanlah cara untuk menurunkan berat badan sehingga hal ini harus di perhatikan lebih baik lagi.

  1. Meredakan gejala flu

Uap air panas dapat meringankan gejala flu, hidung tersumbat, hidung tidak enak dengan cara dihirup. Air panas yang diminum juga dapat membuat badan lebih nyaman ketika sedang tidak enak badan dan mengurangi iritasi tenggorokan.

Uap air panas ini membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran nafas yang membuat hidung tidak enak untuk menghirup nafas. Hal ini terbukti benar dan memang ampuh untuk mengurangi gejala.

Selain itu berkumur dengan air panas yang berasal dari pemanas air tenaga surya yang dicampur dengan air garam membantu membersihkan area sekitar mulut dari kuman. Mengurangi rasa sakit tenggorokan dan pembengkakan di sekitar mulut. Dapat menggunakan campuran air garam tadi untuk berkumur tiga kali sehari selama 30 detik.

  1. Melancarkan saluran pencernaan

Belum ada penelitian yang signifikan yang bilang bahwa air panas ini bisa melancarkan saluran pencernaan. Namun minum air panas di pagi hari bisa membantu detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu dihimbau untuk dapat minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga membantu dalam detoksifikasi saluran pencernaan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Air panas didapatkan dengan memanfaatkan pemanas air tenaga solar. Selain bersih dan berteknologi tinggi juga menyaring kuman atau bakteri di air sebelum diminum dan di konsumsi sehari-hari.

  1. Mencegah dehidrasi

Statement ini terkait air panas dapat mencegah dehidrasi benar adanya. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan air untuk metabolisme. Hal ini juga harus di perhatikan dengan jumlah air yang masuk ke tubuh, jangan sampai kurang dengan kebutuhan tubuh karena dapat membuat tubuh tidak bekerja secara efektif.

Anda dapat mencampurkan air panas dengan perasan lemon untuk diminum di pagi hari atau sebelum tidur untuk merilekskan badan dan memenuhi kebutuhan vitamin c tubuh. Manfaat air putih ini sangat baik bagi tubuh.

  1. Mengurangi stres

Minum air panas dapat mengurangi stres yang ada di dalam tubuh. Dimana air panas yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan sistem saraf pusat dan mempengaruhi suasana hati dan fungsi otak. Ketika sudah beraktivitas sehari dan badan terasa lelah, dengan meminum air panas dapat membuat tubuh lebih rileks dan nyaman.

Dengan minum juga menghindari tubuh terjadi dehidrasi, dimana dehidrasi ini adalah salah satu penyebab terjadinya stres. Sehingga minum air panas yang berasal dari pemanas air tenaga surya dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan stres.

Itulah beberapa manfaat dari mesin solar water heater yang menghasilkan air panas. Dimana fungsi mesin ini dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain praktis dan efisien mesin ini juga membantu masyarakat terhindar dari berbagai masalah kesehatan.