Artikel

6 Faktor Penentu dalam Memilih Collector Pemanas Air Tenaga Solar

Memilih collector pemanas air tenaga solar tidak bisa sembarangan. Terdapat beberapa faktor penentu agar Anda tidak merasa rugi atau salah beli ketika akan memasang water heater bertenaga air di rumah. Berikut ini kami bagikan 6 faktor yang bisa menjadi penentu dalam memilih jenis collector untuk pemanas air

Cara Memilih Collector Pemanas Air Tenaga Solar

  1. Harga

Faktor pertama adalah harga. Harga menjadi salah satu penentu paling utama ketika akan membeli barang apa pun, termasuk collector. Dalam memilih collector terdapat dua jenis dengan harga yang berbeda.

Flat collector memiliki harga 20%-40% lebih murah daripada tube collector. Harga ini sesuai dengan material yang digunakan dan juga efisiensinya. Efisiensi ini memiliki pengaruh paling besar dalam harga di antara kedua jenis collector tersebut.

  1. Efisiensi

Faktor kedua adalah efisiensi. Dua jenic collector ini tentu saja memiliki efisiensi yang berbeda dalam kinerjanya sebagai pemanas air tenaga matahari. Collector dengan bentuk tube atau tabung memiliki tingkat efisiensi lebih tinggi daripada bentuk flat.

Jenis tube tidak mudah mengalami heat loss, terutama saat musim dingin tiba. Dibandingkan dengan flat collector, jenis tube bekerja lebih baik dalam menjaga panas agar tahan lama.

  1. Proses instalasi

Proses instalasi kedua jenis collector ini memiliki masa waktu yang berbeda. Flat collector memiliki proses yang lebih cepat jika dibandingkan dengan tube collector. Hal ini disebabkan oleh desain flat collector yang lebih compact.

Sedangkan tube collector memiliki bentuk yang lebih besar dan lebih berat. Alasan inilah yang menyebabkan pemasangan tube collector memakan waktu lebih lama. Selain itu, pemasangan tube collector jua membutuhkan lebih banyak tenaga kerja.

  1. Durabilitas

Faktor keempat adalah durabilitas. Dari segi ketahanan terhadap angin, solar water heater dengan flat collector lebih rentan daripada tube collector. Sedangkan dari segi ketahanan terhadap bantingan, flat collector jauh lebih tahan lama daripada tube collector.

  1. Perawatan

Dilihat dari segi perawatannya, flat collector tidak membutuhkan perawatan khusus. Kemudahan perawatan ini bisa menjadi faktor penentu bagi Anda jika masih bingung memilih jenis collector yang akan digunakan.

  1. Kebutuhan

Secara keseluruhan, faktor paling penting adalah faktor kebutuhan. Anda dapat memilih jenis collector yang paling sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda tinggal di daerah yang panas maka flat collector adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda tinggal di area dingin maka tube collector bisa menjadi pilihan. Cuaca pun bisa menjadi penentu utama jenis collector yang akan digunakan.

Setelah mengetahui keenam faktor di atas, Anda tidak perlu kebingungan lagi memilih jenis collector yang akan digunakan. Kini Anda bisa memasang pemanas air tenaga solar dengan collector seduai dengan kebutuhan.