Artikel

6 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Water Heater Surya

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kinerja water heater surya. Faktor-faktor tersebut tak hanya berhubungan dengan mesin saja, tetapi juga terhadap kondisi di sekitarnya. Berikut ini kami bagikan faktor apa sja yang dapat mempengaruhi kinerja pemanas air di rumah Anda. Simak lebih lengkap dalam artikel di bawah ini.

6 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Water Heater Surya

  1. Intensitas sinar matahari

Faktor pertama yang paling berpengaruh adalah intensitas sinar matahari. Pemanas air jenis ini sangat bergantung terhdap pasokan cahaya matahari yang didapatkan. Untuk bisa bekerja dengan maksimal, dibutuhkan paparan sinar matahari minimal 4 jam.

Semakin tinggi intenssitas sinar matahari yang diterima maka proses pemanasan akan berjalan semakin baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan collector yang digunakan mendapat pasokan sinar matahari yang memadai.

  1. Pengaruh suhu

Faktor kedua yang menjadi pengaruh kinerja pemanas air tenaga solar adalah suhu di sekitar. Semakin panas suhunya maka pemanasan air akan berjalan lebih cepat. Hal ini terjadi karena saat suhu udara lebih panas berarti matahari bersinar lebih terik.

Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menyalakan pemanas air. Dengan begitu, proses pemanasan dapat berlajan lebih cepat. Pasokan air panas pun dapat disimpan lebih banyak di dalam tank penampung air.

  1. Kebersihan collector solar panel

Kebersihan collector juga berkontribusi terhadap proses pemanasan air. Collector yang tertutupi debu atau salju tidak dapat menangkap sinar matahari secara maksimal. Oleh karena itu, sangat penting memilih collector yang dilapisi oleh kaca.

Lapisan akca ini akan melindungi collector dari ddebu dan juga pembekuan. Dengan begitu, collector dapat menangkap sinar matahari secara maksimal. Hal ini akan berdampak terhadap proses pemanasan air.

  1. Jumlah collector yang digunakan

Semakin banyak collector yang digunakan maka akan semakin cepat proses pemanasan berjalan. Hal ini terjadi karena collector memegang peranan penting dalam menangkap sinar matahari untuk diubah menjadi energi panas.

  1. Jenis collector yang digunakan

Jenis collector pemanas air tenaga matahari yang digunakan juga akan sangat berpengaruh. Jika Anda tinggal di daerah yang cenderung bersuhu dingin maka sebaiknya gunakan tube collector daripada flat panel collector.

  1. Penempatan collector

Penempatan collector menjadi hal krusial yang perlu diperhatikan. Agar pemanas dapat bekerja secara maksimal, sebaiknya letakkan collector berhadapan langsung dengan arah sinar matahari. Kemudian pastikan tidak ada bayangan apapun yang menghalangi.

Misalnya, bayangan dari pohon atau papan reklame. Pastikan collector berhadapan secara langsung dengan arah datangnya sinar agar dapat menampung energi panas secara maksimal.

Kini Anda sudah mengetahui enam faktor yang mempengaruhi kinerja water heater. Tulisan ini bisa dijadikan referensi jika Anda mengalami masalah dengan kinerja water heater surya di rumah yang tidak bekerja dengan maksimal.