Artikel

6 Hal Penting Tentang Tank Pemanas Air Tenaga Matahari

Tank penampung air merupakan salah satu bagian terpenting dari pemanas air tenaga matahari. Tank ini berfungsi untuk menyimpan air yang sudah dipanaskan agar tetap terjaga suhunya. Berikut ini kami bagikan cara memilih dan merawat tank penampung air. Simak lebih lengkap dalam artikel di bawah ini.

Tentang Tank Pemanas Air Tenaga Matahari

  1. Ukuran

Ukuran dari tank sangat menentukan kinerja pemanas air. Semakin besar tank yang digunakan, maka akan semakin lama air panas akan disimpan. Ukuran ini tergantung dari kapasitas yang dipilih.

Untuk skala domestik rumah tangga, kapasitas 100-300 liter merupakan pilihan yang tepat. Kapasitas ini cukup untuk digunakan dalam keperluan rumah tangga. Contohnya seperti mandi, memasak, mencuci, dan lain-lain.

  1. Material

Material yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap kinerja pemanas air tenaga solar. Semakin tebal dan semakin berat bobot tank, maka semakin baik kualitasnya. Anda harus memperhatikan jenis material yang digunakan dalam tank penyimpanan.

Tank yang memiliki material berkualitas memiliki beberapa lapisan. Lapisan ini berfungsi untuk menjaga suhu air di dalam agar tetap stabil. Dengan begitu, air akan tetap hangat meskipun pada musim dingin.

  1. Perhatikan luas permukaan collector

Collector memiliki pengaruh besar terhadap kinerja tank. Semakin luas permukaan collector yang digunakan, pemanasan akan bekerja dengan maksimal. Dengan begitu air yang disimpan bisa lebih tahan lama panasnya.

Luas permukaan collector ini ditentukan dari kapasitas air yang digunakan. Semakin besar kapasitasnya maka akan semakin luas collector yang digunakan. Oleh karena itu, Anda harus memasang collector dengan kapasitas yang sesuai

  1. Perhatikan angle pemasangan

Angle pemasangan akan menentukan durabilitas tank penyimpanan pemanas air tenaga surya. Tata letak pemasangan yang benar akan mempengaruhi daya tahan lama tank. Pastikan angle pemasangan tidak terlalu miring agar bricket tidak mudah rusak.

Pastikan Anda membaca panduan pemasangan dengan teliti. Kemudian cek lagi setelah proses pemasangan selesai apakah ada kesalahan atau kerusakan yang ditemukan. Hal ini penting untuk mengetahui apakah pemanas dapat bekerja secara maksimal atau tidak.

  1. Perhatikan pemasangan pipa

Pipa memiliki fungsi sebagai perantara air dari tank menuju ke aliran di rumah. Pemasangan pipa yang tidak sesuai dengan ketentuan akan membuat kinerja pemanas menjadi kurang maksimal.

  1. Sesuaikan penggunaan dengan kapasitas

Semakin banyak air yang digunakan, maka pemanasan akan berjalan semakin lama. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan air panas sesuai dengan kapasitas. Hal ini dilakukan agar pemanas dapat bekerja sesuai dengan kapasitasnya.

Kini Anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih tank serta cara perawatannya agar pemanas air tenaga matahari bekerja dengan maksimal. Jadikan tulisan ini sebagai referensi agar Anda tidak salah dalam memilih tank dan juga tahu bagaimana cara merawatnya.