Artikel

6 Jenis Pemanas Air Tenaga Surya yang Ada di Pasaran

Terdapat berbagai jenis pemanas air tenaga surya. Jenis ini dipisahkan dari cara kerja pemanasan dan sistem yang diterapkan. Berikut ini kami bagikan jenis water heater bertenaga surya untuk pertimbangan bagi Anda yang bingung dalam memilih jenis water heater untuk dipasang di rumah. Simak lebih lengkap dalam artikel berikut ini.

Jenis-jenis Pemanas Air Tenaga Surya

  1. Direct system

Jenis water heater ini menggunakan tank penampung air sebagai tempat untuk menampung sementara air yang sudah dipanaskan melalui collector. Nantinya air di dalam tank akan langsung dialirkan melalui pipa yang sudah terhubung ke keran di dalam rumah.

Sistem ini umumnya digunakan di area yang tidak memiliki potensi pembekuan air. Oleh karena itu, sistem ini dapat menjadi pilihan yang paling tepat untuk orang-orang yang tinggal di Indonesia.

  1. Indirect system

Mirip dengan direct system, sistem ini juga menggunakan tank penampung air. Hanya saja di dalam penampung air terdapat cairan yang menjaga agar air tetap panas. Sistem solar water heater ini biasanya digunakan di area yang memiliki empat musim.

Dengan begitu, air dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama dengan kondisi tetap panas. Anda tidak perlu khawatir air akan menjadi dingin dengan sistem ini. Terdapat proteksi anti beku yang digunakan di dalam tabung dan juga pipa penghantar panas.

  1. Thermosiphon system

Sistem ini akan membiarkan air mengalir tanpa pompa dan membiarkan pergerakan air menjadi cara untuk menjaga panas. Sistem ini merupakan sistem yang paling cocok untuk digunakan pada daerah yang memiliki ketersediaan panas matahari yang tinggi.

Contohnya seperti di daerah dataran rendah di Indonesia. Daerah dekat pantai cenderung memiliki suhu yang lebih panas sehingga cocok untuk dipasang jenis pemanas air tipe ini di sana.

  1. Drain-down system

Sistem ini mirip dengan sistem indirect. Hanya saja collector fluid akan otomatis disaring untuk mencegah terjadinya pembekuan. Nantinya collector akan mengurangi temperatur pada air yang sudah disimpan.

  1. Air system

Sistem pemanas air tenaga matahari satu ini bekerja dengan cara menggunakan kipas untuk mengaktifkan collector pemanas. Sistem ini cocok untuk digunakan pada skala domestik kecil dan memiliki tingkat efisiensi sebesar 50%.

  1. Active-passive system

Jika dibedakan dari cara kerja pemindahan air, terdapat dua jenis yaitu active dan passive system. Perbedaannya ada pada cara pemindahan air. Active system menggunakan pompa untuk memindahkan air sedangkan passive system tidak.

Kini Anda sudah mengetahui berbagai macam jenis pemanas air tenaga surya. Tulisan ini bisa dijadikan referensi dalam memilih jenis pemanas air bertenaga matahari yang sesuai dengan kondisi Anda. pastikan memilih jenis yang tepat agar dapat bekerja dengan maksimal.