Artikel

6 Khasiat Kayu Secang Diseduh dengan Water Heater Solar

Sebelum dikonsumsi, pada umumnya kayu secang diseduh dengan air panas menggunakan water heater solar. Kayu secang yang telah diseduh menggunakan air panas biasanya dikenal dengan wedang secang.

Minuman ini rasanya tawar dan warnanya merah. Wedang secang biasanya dicampur dengan sejumlah rempah lain untuk mengeluarkan rasa yang lebih nikmat. Kayu secang sendiri merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat kayu secang yang diseduh menggunakan water heater solar

  1. Mengatasi Diare

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh kayu secang adalah mampu menyembuhkan penyakit diare. Sebab, kayu secang memiliki sifat anti diare. Sifat tersebut pun telah dibuktikan pada sebuah penelitian. Kayu secang yang direbus dengan pemanas air tenaga matahari selama 20 menit akan menimbulkan tanin sebesar 0,137% anti diare.

  1. Meredakan Radang Tenggorokan

Kayu secang memiliki mengandung ekstrak yang diyakini bisa meredakan radang tenggorokan. Karena, ekstrak tersebut dapat mencegah bakteri Strepcococus alpha yang tumbuh. Sebagai informasi, bakteri tersebut biasanya tumbuh di tenggorokan dan kulit pada manusia.

  1. Mengobati Rematik dan Asam Urat

Kandungan senyawa aktif seperti oscimenen, d-alfa phallandme, brazilin, resorsin, minyak asiri dan resin yang ada di dalam secang berkhasiat untuk mencegah produksi asam urat yang ada pada tubuh.

Sebuah penelitian tentang hal tersebut sudah dilakukan terhadap tikus. Di samping itu senyawa aktif tersebut diyakini bisa mencegah pembengkakan dan rematik.

  1. Mengatasi Diabetes

Kayu secang juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit diabetes. Karena, kandungan senyawa brazilin yang terdapat di dalam secang berfungsi untuk menurunkan gula darah yang ada di dalam tubuh.

Selain brazilin, senyawa protosappanin, sappankalkon dan kaesalpin P juga berkhasiat untuk mencegah keluarnya enzim aldosa reduktase yang bisa menimbulkan komplikasi diabetes. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menurunkan kadar gula darah, seduh secang menggunakan water heater solar secara rutin.

  1. Meredakan Infeksi Kulit

Bagi Anda yang memiliki infeksi kulit, secang mampu mengobatinya secara efektif. Secang memiliki khasiat untuk menghambat tumbuhnya bakteri Staphylococcus aereus. Sebagai informasi, bakteri itu adalah pemicu timbulnya penyakit selulitis dan bisul.

Secang memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi apalagi diseduh dengan pemanas air tenaga surya, namun tidak untuk ibu hamil dan orang yang mengonsumsi obat pembeku darah.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Kayu secang yang mengandung ekstrak juga berkhasiat untuk memperbaiki sel hati yang rusak. Sebagai informasi, kayu secang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui meskipun berkhasiat untuk menjaga kesehatan fungsi hati.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang memiliki permasalahan pada organ hati, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kayu secang dengan cara diseduh menggunakan water heater solar secara rutin.