Artikel

6 Pertimbangan Saat Membeli Pemanas Air Tenaga Surya

Salah satu pelopor pemanas air tenaga surya yang bagus adalah inti solar. Kriteria yang ada sebagai keunggulan dari pemanas air ini biasanya dijadikan acuan dalam pembelian pemanas air yang bagus. Anda bisa menggunakan beberapa kelebihan dari inti solar untuk membeli pemanas air dari tenaga matahari.

Adapun beberapa kelebihan ini memang mencerminkan sisi kualitas yang sudah tidak diragukan lagi ketika digunakan.

Daftar pertimbangan saat membeli pemanas air tenaga surya

  1. Standar dari produk

Kriteria pertama yang harus dipenuhi dari solar water heater yang akan dibeli adalah terkait dengan standar dari produk yang dimiliki. Pilihlah pemanas air yang sudah mendapatkan pengakuan standar tingkat Internasional. Sertifikat ini menunjukkan bahwa fungsi dan kinerja pemanas airnya sudah sangat aman untuk digunakan.

Kualitas yang diberikan sudah setara dengan yang beredar di wilayah China bahkan Eropa. Jadi mengenai kinerja dan fungsi setiap komponennya sudah tidak perlu diragukan lagi. Pastinya desain model dari produknya sudah mengalami pembaharuan bentuk modern yang lebih minimalis dan praktis.

  1. Adanya garansi

Jangan lupa juga untuk memilih produk pemanas air yang sudah mendapatkan garansi atau menawarkan garansi untuk pembelinya. Umumnya garansi yang ditawarkan adalah 5 tahun sejak produk dibeli. Garansi ini berlaku untuk penggunaan tabung vacuum dan juga tangki penyimpanan airnya.

Sementara pemasangan yang dilakukan juga harus didukung dengan pengadaan teknisi yang ahli dalam bidangnya. Ahli bukan hanya mampu saja melainkan memiliki sertifikat khusus dan juga jaringan CS di seluruh Indonesia pada umumnya.

  1. Tangki yang bebas karat

Kriteria berikutnya yang wajib dipertimbangkan dalam membeli pemanas air tenaga matahari adalah pemilihan bahan tangki yang digunakan. Pilihlah tangki dengan bahan yang tidak mudah berkarat dan memiliki lapisan pada bagian dalamnya. Dengan begitu tangki ini mampu menampung air dengan suhu yang panas sekalipun.

  1. Air panas yang tidak kunjung habis

Pilihlah juga mengenai ketersediaan cadangan energi untuk pemanas airnya. Sehingga meskipun sedang dalam keadaan yang minim cahaya matahari tetap mampu menghasilkan air panas yang mumpuni. Energi cadangan ini juga harus bekerja secara otomatis menggantikan kinerja tenaga matahari ketika dibutuhkan.

  1. Menggunakan tenaga matahari

Meskipun jenis dari pemanas air sangat banyak namun direkomendasikan untuk menggunakan pemanas air dari tenaga matahari. Selain lebih aman dan hemat tenaga ini juga tidak memiliki dampak apa pun untuk lingkungan bahkan tidak menimbulkan limbah.

  1. Pemaksimalan penyimpanan panas matahari

Kriteria terakhir yang harus dipenuhi adalah mengenai kemampuan pemanas air dalam memaksimalkan penyimpanan panas matahari untuk menghasilkan air panasnya. Jangan sampai pemanas ini lengah untuk menyerap panas matahari dari pagi sampai sore sebagai energi cadangan.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa digunakan untuk membeli pemanas air tenaga surya sebagai acuan. Gunakan kriteria di atas agar Anda tidak salah membeli alatnya.

 

Oleh: intisolar.com