Artikel

7 Manfaat Menyeduh Biji Rami dengan Water Heater Surya

Water heater surya merupakah salah satu teknologi yang dapat menghasilkan air panas dengan memanfaatkan sinar matahari meski dalam kondisi mendung. Pemanas air ini telah banyak memberikan manfaat untuk kesehatan dengan cara menyeduhnya bersama biji rami.

Manfaat menyeduh biji rami dengan water heater surya

  1. Menghindari penyakit jantung

Serat dalam biji rami dipercaya bisa mencegah penyakit jantung karena kaya akan kandungan lignan, alfa-linolenat, dan fitosterol di dalamnya. Serat dalam biji rami juga dipercaya berperan mengurangi kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Biji rami dapat dikonsumsi dengan cara menggilingnya terlebih dahulu, lalu diseduh menggunakan air panas. Minuman ini juga diyakini mampu menghasilkan gel yang membantu mengurangi kadar gula dalam darah.

  1. Membantu mengontrol berat badan

Mengonsumsi biji rami dianggap dapat mengontrol berat badan karena tingginya kandungan serat yang ada pada biji tersebut. Sebab itu, jika sedang menjalani program diet maka mengonsumsi biji rami bisa menjadi pendorong keberhasilan diet Anda.

Serat ini juga bisa menekan rasa lapar karena mudah larut, sehingga biji rami akan memperlambat proses pencernaan di dalam lambung. Keadaan ini otomatis berdampak pada berat badan yang bisa saja menyusut cukup cepat.

  1. Terhindar dari konstipasi

Mengonsumsi biji rami yang diseduh pemanas air tenaga matahari mengandung asam alfa-linolenat yang dapat melindungi lapisan saluran pencernaan. Tidak hanya itu, asam alfa-linolenat juga mampu mengurangi peradangan.

Kandungan zat tersebut yang berperan penting untuk membantu penderita penyakit radang usus atau disebut juga crohn. Serat pada biji rami menyediakan makanan untuk bakteri ramah dalam usus besar sehingga membantu membersihkan sistem pencernaan.

  1. Menghindari kanker

Biji rami dapat menghindari kanker karena peran lignan di dalamnya yang mampu mencegah metastasis kanker jugs menghambat sel pra kanker berubah jadi kanker. Biji rami berperan menurunkan proses proliferasi sel untuk menghambat pertumbuhan tumor.

  1. Menormalkan tekanan darah

Banyak orang mempercayai bahwa mengonsumsi biji rami dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Minum 30 gram biji rami yang diseduh pemanas air tenaga solar setiap hari selama 6 bulan bisa menurunkan sistolik dan diastolik pada darah.

  1. Menurunkan gejala menopause

Konsumsi biji rami dapat mengatasi gejala menopause salah satunya hot flashes, dalam kondisi ini biasanya orang merasakan panas di tubuhnya. Gejala tersebut akan muncul pada wanita selama 1 atau 2 tahun sebelum masuk masa menopause.

  1. Menyehatkan rambut

Sifat anti inflamasi pada biji rami dapat mengurangi ketombe dan mengatasi kulit kepala kering. Omega 3 dalam biji rami juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan membuat akar rambut lebih kuat sehingga tidak mudah rontok.

Menyeduh biji rami dengan water heater surya mampu menghindari penyakit jantung, membantu mengontrol berat badan, menghindari konstipasi, dan penyakit lainnya. Hal ini karena adanya lignan, alfa-linolenat, fitosterol, omega 3 di dalamnya.