Artikel

7 Manfaat Seduhan Kopi Pemanas Air Tenaga Solar

Pemanas Air Tenaga Solar suatu teknologi yang sedang terkenal dengan fungsinya untuk kebutuhan air panas. Air panas yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan suhu yang dinginkan. Air panas dari alat ini dapat digunakan untuk membuat kopi panas dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa manfaat kopi bagi kesehatan.

Manfaat Seduhan Kopi Pemanas Air Tenaga Solar

  1. Mencegah stres

Kandungan kafein yang ada di dalam tubuh dapat mencegah terjadinya depresi. Bagi Anda yang menyukai konsumsi kopi kandungannya ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Apalagi jika kopi di seduh dengan air panas yang berasal dari solar water heater berkualitas pasti terjamin akan bebas bakteri.

Kafein yang ada di dalam kopi juga mencegah seseorang terkena penyakit parkinson. Minum kopi namun juga tetap harus dibatasi. Anda minum kopi maksimal 2 gelas setiap harinya, karena jika terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Minum kopi dapat dinikmati dengan camilan kecil seperti kopi atau kue kering sebelum sarapan.

  1. Menjaga energi stabil

Kopi mengandung kafein yang jika Anda minum akan menstimulasi saraf pusat dan melawan lelah yang ada di dalam tubuh. Sehingga pada orang-orang yang minum kopi tidak akan mengantuk dan malah memiliki energi yang banyak. Kopi diseduh dapat dengan air panas atau air dingin di sesuaikan dengan selera yang diinginkan.

Mengonsumsi kafein sebelum bekerja atau jika ingin bergadang dapat membuat Anda bangun dan tidak jadi tertidur di malam hari. Kafein juga membantu dalam meningkatkan kewaspadaan, perhatian dan konsentrasi.

  1. Meningkatkan kebahagiaan

Anda dapat mengonsumsi kopi untuk meningkatkan mood harian Anda. Dapat kopi panas ataupun es kopi. Kopi ini dihubungkan dengan emosi positif termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang dan kebahagiaan. Sehingga mengonsumsi kopi dapat menurunkan peluang terkena depresi.

  1. Meningkatkan kekuatan fisik

Minuman kopi mengandung zat yang bernama kafein. Kafein ini akan merangsang sistem saraf sehingga memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemah sebagai bahan bakar tubuh. Anda yang meminum kopi akan meningkatkan kadar epinefrina sehingga fisik akan lebih kuat dan segar bugar. Banyak yang tidak menyarankan jika ingin tidur jangan minum kopi 2 jam sebelumnya karena dapat membuat tubuh terjaga semalaman.

  1. Sebagai antioksidan

Konsumsi kopi terutama kopi panas. Dimana air panas kopi dapat didapatkan secara baik dari pemanas air tenaga matahari, kopi di konsumsi memiliki antioksidan yang cukup walaupun tubuh tetap membutuhkan antioksidan dari buah atau sayur. Kandungan polifenol di dalam kopi juga membantu dalam mengurangi peradangan dan pelindung dari penyakit kronis.

  1. Menurunkan dehidrasi tubuh

Dehidrasi adalah hal yang harus di hindari jika tubuh ingin sehat dan beraktivitas dengan maksimal. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan mudah lelah dan capek serta badan yang tidak rileks.

Anda meminum kopi dapat mencegah terjadinya dehidrasi, namun tetap saja komsumsi kopi harus dibatasi jangan sampai meminum air kopi sebanyak 1l per hari. Minumlah 1 gelas untuk membantu efek diuretik bagi tubuh.

  1. Dehidrasi kulit

Kulit yang meradang dapat dibantu dengan mengoleskan kopi di kulit. Kopi mengandung flavonoid sebagai antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. Kopi tidak hanya diminum tapi juga dioleskan untuk mengatasi kemerahan pada tubuh. Bubuk kopi dicampur dengan air hangat lalu dioleskan dan ditunggu 10 – 15 menit untuk hasil yang maksimal.

Bagaimana? Sudah tahu, kan bahwa pemanas air tenaga solar juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk membuat kopi. Dimana kopi juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dari segi kesehatan dan kecantikan.