Artikel

7 Manfaat Tomat yang Diseduh Pemanas Air Solar

Pemanas air solar adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan air panas menggunakan sinar matahari. Alat ini sangat direkomendasikan dipakai pada daerah tropis, termasuk Indonesia. Serta akan semakin bermanfaat jika digunakan untuk membuat minuman wedang tomat.

Daftar manfaat tomat yang diseduh pemanas air solar

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan likopen dan beta karotin yang terdapat pada tomat dipercaya bisa menghindari risiko terkena serangan jantung. Kandungan likopen dapat menurunkan kolesterol yang menjadi salah satu penyebab serangan jantung selain tekanan darah tinggi.

Cara untuk mendapatkan manfaat dari tomat ini adalah dengan memotongnya menjadi beberapa bagian kecil-kecil, lalu menyeduhnya dengan air hangat. Anda juga boleh menambahnya madu untuk rasa yang lebih lezat dan mendapatkan manfaat lainnya.

  1. Mencegah kanker

Rutin mengonsumsi tomat bisa mencegah kanker yang menjadi salah satu penyakit paling berbahaya. Adanya kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada tobat dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai macam kanker.

Vitamin C dan antioksidan juga dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Tidak hanya itu, adanya likopen juga berperan serta untuk mencegah kanker prostat. Sementara itu, beta karotin dalam buat tomat ikut membantu mencegah tumor.

  1. Terhindar dari diabetes

Mengonsumsi tomat dengan cara memotongnya dan diseduh pemanas air surya dapat mencegah diabetes karena mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Cara ini juga bisa dipakai untuk menurunkan kadar kolesterol.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Tomat serat yang tinggi dalam tomat mampu mengatasi sembelit secara alami dan bisa untuk mengobati masalah pencernaan ketika sedang diare. Artinya, tomat bisa diandalkan untuk memperbaiki sekaligus menjaga sistem pencernaan.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta karotin dalam tomat dapat berperan untuk melindungi mata dari penyakit. Tomat juga mengandung vitamin A yang sudah dipercaya sejak lama dapat menjaga kesehatan mata dan menghindari infeksi atau pun radiasi.

Mengonsumsi tobat bersama dengan air hangat dari pemanas air matahari mengandung likopen dan lutein. Dua zat ini juga berkhasiat untuk mencegah gangguan-gangguan di mata seperti degenerasi makula dan katarak.

  1. Menghindari stroke

Likopen dalam tobat memberi pengaruh terhadap daya tahan tubuh. Zat ini dapat mengurangi peradangan dan pembekuan darah yang menjadi penyebab dari penyakit stroke. Rajin mengonsumsi makanan ini membuat tubuh sehat dan terhindar dari stroke.

  1. Membantu program diet

Tomat merupakan salah satu makanan rendah kalori sehingga mengonsumsi tomat berarti bisa membuat perut kenyang dengan jumlah kalori yang rendah. Sebab itu, buah ini sangat direkomendasikan bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Pemanas air solar berperan penting dalam menghasilkan air hangat yang digunakan untuk konsumsi, termasuk membuat wedang tomat yang banyak manfaatnya. Anda bisa mengonsumsi minuman ini sesuai dengan kebutuhan.