Artikel

Air Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Merendam Kaki?

Untuk kalian yang suka menggunakan air hangat wajib menggunakan pemanas air tenaga surya, agar lebih efisien dan memudahkan kalian saat dibutuhkan dalam waktu yang cepat dan tidak perlu repot-repot untuk memasak air. Air hangat sangat cocok untuk kebersihan dan kesehatan diri, oleh karena itu berikut kegunaan air hangat yang bisa kalian gunakan di rumah.

Air hangat memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah terapi yang bisa kalian lakukan di rumah. Merendam kaki dengan air garam merupakan terapi rumahan yang sudah ada sejak dahulu kala. Metode ini bisa kalian lakukan di rumah, dengan menyiapkan ember yang cukup besar dan mengisi dengan air hangat lalu tambahkan garam laut atau epsom serta aduk hingga rata.

Rendam kaki dengan air dari pemanas air tenaga surya dapat membawa khasiat ini

  1. Menghilangkan Pegal

Air hangat bisa kalian dapatkan melalui solar water heater. Setelah semua persiapan lengkap tunggu selama 20 hingga 30 menit untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Kemudian rendam kaki ke dalam ember yang berisi racikan tadi.  Merendam kaki dengan air garam membantu menghilangkan pegal pada kaki.

Manfaat tersebut tidak dihasilkan oleh garam, melainkan efek dari air hangat. Air hangat dapat membantu relaksasi otot kaki, tumit, maupun betis setelah seharian beraktivitas. Selain itu, air hangat juga berfungsi melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi lebih lancar.

  1. Mengurangi Nyeri dan Bengkak Pada Kaki

Kandungan tinggi magnesium yang terdapat pada garam epsom berperan menghambat impuls nyeri dan membantu mengurangi peradangan. Setelah berendam sekitar 15-20 menit diyakini dapat mengurangi nyeri akibat pembengkakan yang dialami oleh seseorang. Oleh karena itu, merendam kaki pada larutan garam air hangat berfungsi membantu mengurangi nyeri dan bengkak.

  1. Membantu Mengatasi Lecet

Alas kaki yang terlalu kecil atau terlalu lama digunakan dapat menyebabkan kaki menjadi lecet hingga kulit yang melepuh. Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah merendam kaki dengan air garam epsom, Hal tersebut dapat membantu menenangkan dan melembutkan kulit akibat efek dari kandungan mineral yang terdapat pada garam.

  1. Mencegah infeksi jamur

Salah satu metode untuk mendapatkan air hangat yang efektif adalah dengan pemanas air tenaga matahari. Larutan garam epsom dengan air hangat membantu mengatasi permasalahan luka dan infeksi, namun dengan kondisi yang tepat. Garam epsom juga dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit sehingga mencegah infeksi jamur.

  1. Menghilangkan bau pada kaki

Kandungan natrium klorida (NaCl) dalam garam dapur atau garam laut merupakan cairan yang bersifat antibakteri. Oleh karena itu, saat kita menggunakan sepatu dalam kondisi yang lama dan lembap, kita dapat merendam kaki dengan air hangat bercampur garam dan menyikat dengan pada permukaan dan sela-sela jari agar mengurangi bau.

Itulah manfaat dari merendam kaki dengan larutan air hangat dengan air garam melalui pemanas air tenaga surya.

 

Oleh: intisolar.com