Artikel

Baking Soda Diseduh Pemanas Air Tenaga Matahari Memberi Keuntungan Ini!

Pemanas air tenaga matahari merupakan cara terbaru yang lebih modern untuk mendapatkan air panas dengan mudah. Air panas memberi banyak pengaruh terhadap kehidupan manusia, termasuk juga bila digunakan untuk membuat minuman hangat bercampur baking soda.

Manfaat baking soda yang diseduh pemanas air tenaga matahari

  1. Meredakan radang tenggorokan

Baking soda menjadi salah satu obat alami untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, hanya perlu melarutkan 1 gelas air hangat dan 1 sendok teh baking soda ke dalam gelas.

Kemudian teguklah sedikit saja lalu tahan di tenggorokan selama 30 detik, kemudian baru dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan cara yang sama secara berulang sampai air dalam gelas itu habis. Tidak hanya radang, lendir juga akan keluar dan mematikan bakteri.

  1. Melindungi kesehatan mulut

Berkumur menggunakan air baking soda bisa membantu menyegarkan napas. Anti mikroba dan sifat antibakteri yang terkandung pada baking soda dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang berbahaya di dalam mulut .

Caranya, buatlah ramuan dengan komposisi setengah sendok teh baking soda dan seduh bersama setengah gelas air hangat. Kemudian gunakanlah untuk kumur-kumur setelah menggosok gigi pada pagi dan malam hari.

  1. Mengatasi asam lambung

Saat asam lambung naik biasanya akan terasa panas di dada, kondis ini bisa diatasi menggunakan baking soda. Caranya dengan menambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat yang diperoleh dari pemanas air tenaga solar.

  1. Menghilangkan gatal-gatal

Baking soda dipercaya salah satu obat yang ampuh untuk mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga. Caranya adalah dengan menggunakan salep baking soda yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Campurkan baking soda ke dalam air hangat, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan pada area kulit yang digigit oleh serangga. Cara ini terbilang cukup aman sehingga bisa Anda gunakan berulang-ulang sampai gatal benar-benar hilang.

  1. Mengatasi keracunan

Banyak orang mempercayai baking soda yang dicampur air dari pemanas air tenaga surya mampu untuk mengatasi keracunan akibat makan jengkol. Hal ini karena ramuan tersebut bisa menolong peningkatan proses pembuangan asam jengkolat.

  1. Membersihkan buah dan sayur

Buah dan sayur yang dibeli di pasar terkadang mengandung pestisida yang berbahaya jika ikut dikonsumsi. Untuk menghilangkan pestisida Anda bisa menggunakan air hangat dan baking soda yang biasanya dipakai untuk membuat kue.

Rendam buah dan sayur dalam larutan air hangat yang telah diberi baking soda selama kurang lebih 15 menit, kemudian tiriskan pada wadah lain. Setelah itu buah dan sayur akan lebih aman untuk dikonsumsi.

Pemanas air tenaga matahari akan mendatangkan banyak manfaat apabila digunakan bersama dengan baking soda. Manfaat yang diberikan tidak main-main, mulai dari mengobati gatal hingga mengatasi asam lambung yang merupakan salah satu penyakit cukup berat.