Artikel

Berapa Suhu Air Solar Water Heater yang Tepat Untuk Cuci Baju?

Mencuci baju dengan air dari solar water heater ternyata juga ada aturannya. Sudah menjadi hal yang biasa jika mencuci baju harus menggunakan air. Air tersebut akan membantu dalam menghilangkan kotoran sehingga baju menjadi lebih bersih.

Namun ternyata suhu atau temperatur air yang digunakan untuk membersihkan baju tersebut juga sangat berpengaruh. Suhu air yang tidak tepat untuk pakaian tertentu justru bisa merusak serat kainnya.

Suhu air yang tepat saat mencuci dari solar water heater

  1. Air hangat

Air hangat ternyata bisa Anda gunakan untuk mencuci baju. Akan tetapi perlu diperhatikan mengenai suhu air yang digunakan. Air hangat yang bagus untuk mencuci baju adalah ada pada kisaran suhu 32 derajat Celsius. Air dengan suhu tersebut tidak akan terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu air tersebut bisa Anda gunakan untuk membersihkan baju seperti sintetis, rajutan atau bahan jeans.

Pakaian dengan warna yang gelap dan sedikit kotor juga akan tetap aman dicuci menggunakan air hangat. Air hangat dari pemanas air tenaga surya memang lebih aman digunakan untuk membersihkan hampir semua jenis baju. Hal ini karena suhu air hangat tidak akan menyebabkan penyusutan pada bahan pakaian.

  1. Air dingin

Air dingin merupakan jenis air yang paling banyak digunakan untuk mencuci baju. Selain itu penggunaan air dingin juga akan lebih cepat dan lebih praktis. Air dingin juga tidak akan mudah merusak serat dari pakaian. Berbagai macam jenis pakaian yang bisa dicuci menggunakan air dingin seperti baju dengan bahan lembut, tidak terlalu kotor dan kontraksinya halus.

Walaupun tetap bisa menggunakan air dingin, akan tetapi suhu dari air dingin tersebut juga perlu Anda perhatikan. Suhu air dingin yang cocok adalah sekitar di bawah 23 derajat Celsius. Namun hal tersebut terkadang cukup merepotkan karena Anda perlu mengatur atau memeriksa suhu airnya terlebih dulu.

  1. Air panas

Selain menggunakan air hangat, mencuci baju ternyata juga bisa Anda lakukan dengan air panas. Air panas tersebut lebih baik Anda gunakan untuk membersihkan baju dengan warna putih. Selain itu pakaian yang cukup kotor juga akan lebih mudah bersih jika menggunakan air panas dari pemanas air tenaga solar. Untuk suhu yang disarankan sendiri lebih baik menggunakan suhu sekitar 54 derajat Celsius.

Suhu tersebut akan lebih memungkinkan kotoran dan juga kuman mati serta terangkat. Jenis baju yang bisa Anda cuci menggunakan air panas adalah seprei, baju kerja, lap dapur hingga handuk.

Bahkan baju dengan noda yang berat karena minyak atau oli juga akan lebih cepat bersih menggunakan air panas dari solar water heater. Akan tetapi tetap penting untuk melihat label mengenai cara pencucian dari setiap baju tersebut. Agar tidak salah langkah dalam mencucinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Oleh: intisolar.com