Artikel

Berapa Suhu Pemanas Air Tenaga Matahari yang Tepat Digunakan?

Sudah menjadi hal yang biasa jika orang-orang akan mandi dengan air hangat dari pemanas air tenaga matahari ketika suhu sedang rendah. Selain itu mandi air hangat juga banyak digunakan ketika tubuh merasa kurang baik atau kurang sehat.

Namun ketika Anda hendak melakukan hal tersebut, penting untuk diketahui beberapa hal. Tujuannya agar mandi air hangat Anda tidak menimbulkan efek yang negatif atau dampak buruk untuk kesehatan.

Suhu mandi air hangat pemanas air tenaga matahari yang tepat digunakan

Mandi dengan air hangat memang akan sangat menyenangkan. Hal ini membuat beberapa orang pasti akan mandi dengan durasi yang cukup lama. Bahkan bisa saja berendam menggunakan air hangat.

Namun mandi dengan air hangat dalam waktu yang terlalu lama dan tidak tepat justru akan berdampak buruk untuk kesehatan. Mandi dengan air hangat sebaiknya dilakukan dengan durasi maksimal 10 menit saja.

Hal ini karena mandi air hangat terlalu lama justru akan membuat kulit Anda menjadi terlalu kering dan keriput. Terutama untuk Anda yang memang sudah memiliki jenis kulit yang kering. Maka mandi air hangat pemanas air tenaga surya dengan waktu yang singkat dan tambahan pelembab seperti minyak zaitun akan lebih disarankan.

Selain dari segi waktu, suhu yang digunakan juga harus tepat. Suhu air hangat untuk mandi yang tepat bisa 37 hingga 40 derajat Celsius. Namun jika menggunakan suhu 40 derajat, nanti di bagian akhir akan lebih baik disiram terlebih dulu dengan air hangat bersuhu 37. Tujuannya agar kulit Anda bisa tetap terdehidrasi dan tidak kering.

Penggunaan mandi dengan air hangat yang suhu dan waktunya tepat akan memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh. Seperti tingkat stres yang menurun, meningkatkan aliran darah, bagus untuk mengatasi depresi, mencegah penuaan dan lain sebagainya. Selain itu mandi dengan suhu dan waktu yang tepat juga membantu menjaga kulit tetap lembap. Itu juga yang membuat penggunaan pemanas air tenaga solar akan sangat membantu karena suhu air hangat yang keluar sudah bisa diatur sendiri.

Akan tetapi menggunakan sabun dengan pH yang tepat juga sangat membantu untuk menjaga kelembaban kulit. Jika diperlukan Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam air mandi atau dibalurkan pada tubuh sebelum mandi. Hal ini untuk membantu minyak alami kulit tidak hilang. Sangat disarankan terutama jika Anda memiliki kulit yang kering.

pH yang seimbang tersebut juga akan membantu dalam membunuh kuman. Hal ini penting terutama pada kondisi pandemi seperti ini. Akan sangat disarankan jika Anda mandi setiap kali baru saja keluar rumah. Untuk itu sebisa mungkin mandi air hangat pemanas air tenaga matahari dengan waktu dan suhu yang tepat.

 

Oleh: intisolar.com