Artikel

Berbagai Kebaikan Cengkih yang Diseduh dengan Air Water Heater Surya

Water heater surya telah memberikan banyak manfaat dalam memenuhi berbagai kebutuhan manusia, baik untuk mandi maupun untuk dikonsumsi. Apalagi jika air panas ini dipadukan dengan cengkih sebagai minuman tradisional, maka akan semakin banyak khasiatnya.

Berbagai kebaikan cengkih yang diseduh dengan air water heater surya

  1. Melindungi mata

Kandungan beta karotin dalam cengkih telah terbukti sangat baik untuk kesehatan. Pigmen berupa antioksidan dan provitamin di dalam cengkih dapat berubah menjadi vitamin A yang sangat berguna untuk kesehatan mata.

Sebab itu, banyak orang yang telah mengetahui khasiat ini jadi rajin mengonsumsinya sebagai minuman hangat yang sehat. Cara membuatnya juga sangat mudah, hanya perlu  menyeduh cengkih menggunakan air hangat ke dalam gelas.

  1. Melawan radikal bebas

Seperti yang telah banyak diketahui bahwa radikal bebas dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, kandungan Eugenol dalam cengkih yang merupakan sumber antioksidan tinggi sering kali digunakan untuk melawan radikal bebas.

  1. Mengurangi penyakit peradangan

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa cengkih mengandung eugenol, maka tidak heran jika ampuh mengurangi respons terhadap peradangan di dalam tubuh. Tidak hanya itu, cengkih juga dapat mengurangi risiko radang sendi.

Disarankan agar sesekali mengonsumsi cengkih hangat yang diseduh pemanas air tenaga matahari meskipun tubuh Anda sehat. Hal ini direkomendasikan supaya dapat mengelola gejala peradangan sehingga mencegah terjadinya radang sendi.

  1. Mencegah bisul di dalam perut

Adanya bisul di dalam perut sering disebabkan karena lapisan lendir yang melindungi lapisan perut menipis. Air cengkih hangat telah dipercaya dapat membantu mengentalkan lendir yang terdapat pada lapisan perut.

Sehingga mampu mencegah terjadinya bisul di dalam perut bahkan apabila sudah telanjur ada bisul, dapat disembuhkan secara alami menggunakan cengkih. Tentu saja Anda harus mengonsumsinya dengan rutin apabila untuk tujuan penyembuhan.

  1. Meningkatkan fungsi organ hati

Minum cengkih hangat diyakini dapat membantu meningkatkan fungsi pada hati manusia karena mengandung Eugenol. Senyawa tersebut mampu mengurangi tanda-tanda penyakit hati yang berlemak dan gejala sirosis pada hati.

  1. Membantu membunuh bakteri

Sifat anti mikroba pada cengkih terbukti mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme, termasuk bakteri. Minyak esensial yang terdapat pada cengkih juga dapat membunuh E. Coli yang merupakan jenis bakteri penyebab keracunan makanan.

Berkumur dengan cengkih yang diseduh pemanas air tenaga solar juga ampuh membasmi bakteri penyebab plak gigi dan menjaga kesehatan gusi. Mulut dan napas pun menjadi terasa lebih segar sejak pertama kali kumur air cengkih.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Salah satu masalah tulang adalah osteoporosis yang disebabkan massa tulang rendah sehingga dapat memicu patah tulang apabila tidak segera diobati. Karena itu, minum air cengkih hangat dipercaya mampu menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

Minum cengkih yang diseduh water heater surya dapat memberikan manfaat bagi tubuh, mulai dari pencegahan penyakit hingga pengobatan secara alami. Konsumsilah minuman tersebut secara rutin apabila ingin mendapatkan hasil yang terbaik.