Artikel

Campuran Jahe dan Air Hangat Pemanas Air Solar Untuk Atasi Nyeri Haid

Air hangat pemanas air solar dengan jahe bagus untuk Anda yang mengalami nyeri perut akibat menstruasi. Hampir semua wanita sudah pernah mengalami nyeri atau kram perut pada saat haid. Baik dalam skala yang ringan atau hingga mengganggu aktivitas. Hal tersebut bisa Anda atasi dengan konsumsi air jahe hangat.

Campuran Jahe dan Air Hangat Pemanas Air Solar Untuk Atasi Nyeri Haid

Jahe termasuk dalam salah satu rempah yang bisa membantu untuk meredakan nyeri haid. Hal ini karena pada jahe memiliki kandungan yang bisa menghambat produksi prostaglandin. Prostaglandin tersebut adalah senyawa yang bisa memicu kontraksi. Hal ini juga yang menyebabkan rasa nyeri atau kram pada saat menstruasi.

Sebuah penelitian memilih 120 siswi acak yang mengalami rasa kram ketika haid dalam intensitas yang sedang hingga parah. Kemudian siswi tersebut akan dibagi menjadi dua kelompok di mana satu grup akan menerima plasebo dan grup lainnya menerima bubuk jahe. Hasilnya adalah grup siswi yang menerima jahe cukup efektif dalam mengurangi rasa sakit dan durasinya pada saat menstruasi.

Selain itu, jahe dengan air hangat pemanas air surya juga bisa digunakan untuk membantu mengontrol pendarahan pada saat menstruasi. Dengan pendarahan yang terkontrol ini maka darah yang dikeluarkan juga tidak berlebihan. Hal ini dibuktikan dengan uji coba oleh 92 wanita. Hasilnya jumlah darah yang dikeluarkan lebih menurun setelah konsumsi jahe selama 3 hari sebelum waktu menstruasi.

Manfaat dari jahe tersebut untuk meredakan nyeri haid adalah dengan konsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat. Caranya juga mudah, cukup cari jahe dan buang kulitnya. Potong jahe menjadi ukuran yang kecil. Setelah itu gunakan air panas pemanas air matahari yang lebih praktis. Seduh jahe dengan air panas tersebut dan biarkan selama 5 menit.

Setelah itu saring air jahe tersebut hingga tersisa airnya saja. Air jahe tersebut bisa Anda konsumsi dalam keadaan yang masih hangat atau juga bisa ditambahkan dengan es batu. Akan tetapi tetap penting untuk berkonsultasi dengan dokter ketika Anda ingin mengonsumsinya dengan rutin. Air hangat yang digunakan tersebut nantinya juga akan membantu perut agar bisa lebih nyaman dan rileks. Sehingga otot perut tidak menjadi kaku atau nyeri pada saat terkena haid.

Air hangat dari pemanas air solar dan jahe bisa membantu Anda yang sering mengalami nyeri perut karena haid. Nyeri tersebut memang sangat bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Bahkan ada juga yang tidak bisa melakukan aktivitasnya karena nyeri perut yang cukup mengganggu.

Oleh karena itu coba konsumsi air jahe hangat sebelum Anda mengalami menstruasi untuk mencegah perut yang nyeri. Agar memudahkan membuatnya bisa menggunakan pemanas air Intisolar untuk air panasnya. Sehingga Anda tidak perlu repot memasak air panas terlebih dahulu.

 

Oleh: intisolar.com