Artikel

Cara Bersihkan Kerak Kamar Mandi Dengan Pemanas Air Tenaga Matahari

Pemanas air tenaga matahari merupakan salah satu alat penghasil air hangat yang bisa dimanfaatkan dengan mudah, mengingat air hangat memiliki banyak manfaat. Salah satu kegunaan dari air hangat adalah untuk membersihkan keramik kamar mandi. Kerak atau kotoran pada  keramik toilet adalah masalah umum yang paling sering kita temui di rumah.

Cara bersihkan kerak kamar mandi dengan pemanas air tenaga matahari

Tidak hanya pada lantai kamar mandi, kerak juga  muncul pada dinding keramik yang sering terkena air. Pada umumnya kerak dalam toilet diakibatkan oleh sisa sabun yang menempel, lumut dan jamur yang sudah lama mengendap.

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui langkah-langkah dalam membersihkan keramik toilet agar terlihat bersih dan nyaman saat digunakan.

Berikut beberapa cara membersihkan keramik kamar mandi agar tetap bersih:

  1. Menggunakan Larutan Cuka

Pada umumnya ini kita mengenal cuka digunakan untuk bumbu dapur, namun cuka juga dapat digunakan sebagai bahan ampuh dalam membuat keramik toilet menjadi bersih. Berikut langkah-langkah membuat keramik toilet menjadi bersih dengan larutan cuka:

  • Tuang cuka dalam botol yang terdapat alat semprot agar dapat digunakan dengan mudah dalam membuat toilet menjadi bersih. Kemudian semprot cuka dalam botol ke seluruh bagian keramik toilet yang berkerak atau akan dibersihkan.
  • Kalian dapat menunggu selama 10 menit, kemudian nyalakan kran atau siram dengan air panas dari solar water heater service. Uap dari air panas membantu untuk merontokkan kerak atau kotoran pada keramik.
  • Kemudian, siram keramik toilet yang berkerak tadi menggunakan air panas dengan selang waktu 2 menit.
  • Setelah itu, usap keramik kamar mandi menggunakan spons yang telah dibasahi dengan pelan dan hingga bersih.
  • Selanjutnya, kalian dapat membilas keramik yang telah terlihat bersih, kemudian ambil handuk untuk mengeringkannya.
  • Langkah terakhir yakni gunakan car wax dan semprotkan pada keramik toilet yang berkerak hingga terlihat bersih dan mengkilap.
  1. Menggunakan Kaporit

Salah satu cara untuk membersihkan keramik toilet yang lain adalah memakai kaporit. Pada umumnya kaporit digunakan sebagai disinfektan, ternyata kaporit juga bisa berfungsi dalam membersihkan suatu benda. Sifat pembersih dari kaporit dapat digunakan untuk membersihkan noda atau kerak pada keramik toilet.

Berikut langkah untuk menghilangkan kerak keramik toilet menggunakan kaporit:

  • Pertama, siram bagian keramik kamar toilet yang hendak dibersihkan menggunakan air panas yang didapatkan dari jasa service water heater di Jakarta.
  • Kedua, kalian dapat menaburkan kaporit di atas keramik kemudian tunggu hingga 30 menit.
  • Ketiga, kalian dapat menggosok keramik toilet menggunakan sikat hingga bersih.
  • Keempat, kalian dapat membilas keramik toilet menggunakan air bersih. Kalian bisa mendapatkan kaporit di toko kimia terdekat. Sifat kaporit yang mampu melunturkan kerak yang sudah menempel bertahun-tahun menjadikan kaporit sebagai salah satu alternatif yang ampun untuk membersihkan kerak.

Itulah manfaat dari air hangat yang didapatkan dari pemanas air tenaga matahari untuk membersihkan kerak toilet yang menempel agar terlihat bersih.

 

Oleh: intisolar.com