Artikel

Cara Mandi Onsen dengan Solar Water Heater Ala Jepang

Solar water heater sekarang ini sudah bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan air panas dalam memenuhi kebutuhan setiap saat. Salah satunya kebutuhan untuk mandi ataupun berendam dengan menggunakan air panas yang menjadi lebih praktis.

Etika Mandi Onsen dengan Solar Water Heater

  1. Melepaskan Alas Kaki

Ketika akan memasuki area tempat onsen tentunya terlebih dahulu harus melepaskan alas kaki. Pastikan untuk tidak terlalu lama berada di area depan pintu masuk. Hal ini dikarenakan, akan menghalangi orang-orang yang keluar masuk di area onsen.

Seperti yang diketahui bahwasanya saat berada di Jepang. Tentunya kontak secara fisik biasanya akan dihindari sesama orang asing. Sehingga harus memastikan untuk segera masuk di tempat onsen.

  1. Melepaskan Pakaian

Apabila tidak begitu nyaman berada di area onsen dengan banyak orang. Tentunya bisa membuat tempat onsen sendiri supaya mandi air panas di rumah bisa lebih privat.

Hal ini memberikan keuntungan supaya tidak perlu ke onsen. Caranya cukup memasang pemanas air tenaga surya di rumah untuk menghasilkan air panas dengan jumlah yang banyak.

Namun, juga perlu dipahami saat berada di onsen terdapat aturan bahwasanya handuk besar, baju dan pakaian renang tidak dibolehkan di keseluruhan area pemandian. Dalam hal ini juga tidak perlu khawatir, bahwasanya orang-orang di onsen tidak akan mengganggu privasi setiap orang.

  1. Membilas Sebelum Memulai Berendam

Etika ketika berada di onsen sudah umum dilakukan untuk membasuh diri terlebih dahulu sebelum masuk ke bak mandi. Pada langkah yang satu ini perlu diperhatikan supaya tetap menjaga kondisi tempat mandi selalu bersih.

Apabila ingin membawa sabun sendiri dari rumah. Pastikan sudah meletakkan di area dekat pancuran agar tidak begitu repot saat ingin menggunakannya.

  1. Memperhatikan Etika di Onsen

Pada saat akan masuk ke bak mandi, sebaiknya tidak menyelam, melompat, ataupun memercikkan air. Para pengunjung bisa masuk dengan perlahan dan santai saja.

Jika memiliki rambut yang ukurannya cukup panjang bisa mengikat terlebih dahulu sebelum memulai berendam. Selain itu, pancuran di area onsen memiliki letak berdekatan.

Sehingga harus dilakukan hati-hati supaya penggunaan sabun tidak terkena ke orang lain. Jika ingin mandi onsen lebih nyaman juga bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan pemanas air tenaga solar. Alat ini memberikan teknologi untuk menghasilkan air panas dengan jumlah yang cukup besar.

  1. Etika Sesudah Mandi Onsen

Jika sudah selesai dari area mandi onsen. Sebaiknya tidak langsung ke ruang ganti dengan keadaan tubuh masih basah kuyup.

Meskipun hanya diperbolehkan membawa handuk ukuran kecil. Tentunya harus mengupayakan supaya mengeringkan diri terlebih dahulu dengan menggunakan handuk tersebut.

Itulah beberapa cara mandi onsen dengan menggunakan air panas dari solar water heater. Penggunaan alat ini menjadi lebih praktis untuk bisa mandi onsen secara privat di rumah.