Artikel

Cara Membasmi Gulma Menggunakan Pemanas Air Tenaga Surya

Menggunakan pemanas air tenaga surya dalam kehidupan sehari-hari sangat membantu seluruh kegiatan manusia. Air panas tidak hanya digunakan untuk mandi, masak, atau membuat minuman hangat saja, tapi juga efektif membunuh gulma yang merupakan tanaman liar.

Cara membasmi gulma menggunakan pemanas air tenaga surya

  1. Menggunakan pakaian yang pelindung

Gunakanlah celana dan baju berlengan panjang saat membasmi gulma agar tidak terkena tanaman liar yang bisa membuat kulit jadi gatal-gatal. Pakaian panjang juga melindungi dari sengatan serangga dan ulat bulu yang sering kali ada pada tanaman.

Dengan menggunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh juga dapat melindungi diri dari risiko percikan air panas ketika menyiram gulma. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan dan mengenakan sepatu kebun sebagai pelindung diri tambahan.

  1. Mengidentifikasi gulma yang akan dibasmi

Identifikasilah gulma yang tumbuh di halaman dengan memilih yang jauh dari tanaman lain agar tidak ikut mati saat membasmi gulma. Metode membunuh gulma kali ini tidak menggunakan bahan kimia, tapi air mendidih yang didapatkan dari pemanas air surya.

Air panas lebih efektif untuk membunuh gulma yang berdaun lebar dari pada gulma yang jenisnya keras dan sudah mapan. Mengidentifikasi gulma ini bertujuan untuk memastikan apakah ada tanaman selain gulma di daerah yang mau disiram air panas.

  1. Isikan air panas ke dalam teko

Ambillah air dari solar water heater dan masukkan ke dalam teko yang tahan air panas untuk digunakan pada saat penyiraman. Jika tidak ada teko, Anda bisa menggunakan wadah lain yang kira-kira dapat dipakai untuk menampung air panas untuk disiram.

Air panas sering digunakan untuk membasmi gulma yang ada di sepanjang trotoar atau pinggiran jalan masuk menuju rumah, kantor, atau gedung-gedung lain. Selain caranya yang praktis, menggunakan air panas juga tidak mengeluarkan banyak biaya.

  1. Siramkan air panas ke gulma

Air dalam teko tadi langsung disiramkan pada gulma dengan hati-hati karena kulit bisa saja melepuh jika terkena tumpahan air ini. Siramkan air panas dengan segera karena suhu panas bisa turun dengan cepat dan tidak efektif lagi jika sudah mulai dingin.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka siramkan pemanas air tenaga matahari ini bersama dengan garam atau cuka. Banyak orang mempercayai menyiram air panas yang telah dicampur garam atau cuka bisa mempercepat gulma mati.

  1. Lakukan penyiraman beberapa kali pada gulma

Lakukanlah penyiraman sebanyak dua atau tiga kali jika ingin gulma segera musnah karena tanaman mati jika sering terkena suhu tinggi.

Menggunakan air yang bersumber dari pemanas air tenaga surya untuk membasmi tanaman liar memang terbukti ampuh. Langkah ini sudah sering digunakan oleh masyarakat untuk membersihkan tanaman liar dengan cara mudah dan alami.