Artikel

Cara Membersihkan Akuarium dengan Water Heater Matahari

Water heater matahari yang merupakan alat pemanas air efisien ini ternyata memiliki manfaat digunakan untuk membersihkan akuarium. Ikan peliharaan akan mati apabila akuarium kotor dan tidak dibersihkan selama berbulan-bulan.

Cara membersihkan akuarium dengan water heater matahari

  1. Menyiapkan bahan yang dibutuhkan

Beberapa alat yang bisa dipilih untuk membersihkan akuarium adalah cairan pembersih kaca, sitrun, pembersih lantai, pasta gigi, dan soda api. Namun, selain menggunakan bahan tersebut Anda juga bisa menggunakan ikan sapu-sapu.

Ikan sapu-sapu akan memakan lumut-lumut yang menempel di akuarium dan dapat mencegah timbulnya kerak-kerak pada kaca akuarium. Jika tidak ada ikan tersebut, Anda juga bisa menggunakan bahan alami yaitu jeruk nipis.

  1. Menyiapkan alat

Untuk membersihkan akuarium tentu memerlukan alat, di antaranya ialah lap kain dan sikat bulu. Pilihlah sikat bulu yang bahannya tidak lembut tapi juga tidak kasar untuk menggosok kaca akuarium.

Bahan sikat bulu yang agak kasar merupakan pilihan yang tepat karena jika sikat yang digunakan terlalu kasar maka bisa menggores kaca akuarium. Apabila menggosokkan sikat bulu yang terlalu lembut maka tidak mampu membersihkan kotoran yang membandel.

  1. Memindahkan isi akuarium

Agar ikan tidak mati ketika membersihkan akuarium dengan pemanas air tenaga surya maka disarankan untuk memindahkan ikan ke wadah lain. Tindakan ini diperlukan agar ikan-ikan tidak terkontaminasi oleh zat yang berbahaya saat membersihkannya.

  1. Bersihkan akuarium dengan hati-hati

Gunakan alat-alat yang sudah disiapkan tadi untuk menggosok akuarium dengan perlahan agar kacanya tidak tergores atau pecah. Bersihkan dari area yang tidak terlalu kotor terlebih dahulu barulah kemudian ke area yang sangat kotor.

Jangan lupa untuk membersihkan hingga ke sela-sela kacanya karena biasanya banyak lumut yang tersembunyi di sana.

  1. Diamkan beberapa menit setelah menggosok akuarium

Setelah selesai menggosok seluruh akuarium dengan alat tadi tanpa ada bagian yang terlewati, selanjutnya diamkan sejenak. Tunggulah sampai 20 menit hingga 30 menit agar elemen kimia yang dipakai bereaksi.

Saat menunggu, siapkanlah air hangat menggunakan pemanas air tenaga solar untuk dipakai menyiram akuarium. Pada tahap selanjutnya Anda akan membutuhkan banyak air untuk membilas.

  1. Membilas akuarium dengan air hangat

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, disarankan agar melakukan penyiraman pada akuarium sebanyak dua kali. Pertama, siramlah akuarium dengan air hangat sampai seluruh area basah baik di bagian luar kaca ataupun di dalam kaca akuarium.

Menyiram akuarium dengan air hangat bertujuan untuk merontokkan seluruh lumut pada dinding-dinding akuarium. Selanjutnya, untuk bilasan yang kedua Anda bisa menggunakan air dengan suhu normal untuk menyiramnya dengan cara sama seperti langkah pertama.

Air hangat yang didapatkan dari water heater matahari ternyata bisa digunakan untuk membersihkan akuarium. Cara ini dikatakan ampuh membersihkan kotoran pada akuarium karena air hangat mampu merontokkan segala kotoran yang menempel.