Artikel

Cara Menurunkan Panas Menggunakan Water Heater Surya

Water heater surya dapat menghasilkan air hangat yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menurunkan panas pada anak. Pada umumnya, demam berakibat anak tidak dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Apalagi ditambah dengan tangisan yang membuat para orang tua menjadi waswas.

Demam merupakan sebuah indikasi anak sedang mengalami sebuah penyakit di dalam tubuh mereka. Sangat baik untuk mengetahui sejauh mana kekebalan tubuh anak, namun jangan dibiarkan terlalu lama karena harus segera ditanggulangi.

Mengatasi Panas Anak Menggunakan Water Heater Surya

  1. Gunakan Air Hangat untuk Kompres

Gunakan handuk atau kain untuk mengompres si buah hati menggunakan air hangat yang berasal dari pemanas air tenaga matahari. Tuangkan air hangat ke dalam sebuah ember kecil lalu celupkan handuk ke dalam ember tersebut.

Kemudian, peras hingga lembap dan tempelkan ke dahi anak. Cara yang satu ini diyakini lebih aman daripada harus menggunakan air dingin. Karena, si buah hati bisa gemetar karena suhu air yang rendah bahkan dapat menyebabkan step.

  1. Mandi Air Hangat

Si buah hati dapat dimandikan dengan air hangat agar membuatnya semakin nyaman. Kemudian keringkan menggunakan handuk agar tidak masuk angin. Air hangat tersebut dapat berasalah dari pemanas air tenaga solar. Layaknya melakukan kompres, jangan menggunakan air dingin untuk mandi karena bisa membuat badan si buah hati gemetar.

  1. Menurunkan Suhu Kamar

Apabila anak sedang demam, ada baiknya untuk menurunkan suhu kamar. Agar udara tidak semakin panas, sebaiknya udara dibiarkan tetap sejuk. Namun usahakan jangan menggunakan air yang sangat dingin karena tidak akan membuat si buah hati nyaman.

Dehidrasi akan timbul ketika si kecil suhu tubuhnya cukup tinggi. Hal tersebut terindikasi oleh beberapa hal seperti tak keluar air mata ketika menangis atau bibir yang biasanya kering. Hal tersebut dapat diatasi dengan minum air hangat lebih banyak. Minumlah sesering mungkin untuk menjaga cairan yang ada dalam tubuh.

  1. Kenakan Pakaian yang Lembut dan Ringan

Saat demam, pakaian yang dibutuhkan oleh si buah hati adalah pakaian yang berbahan lembut dan ringan. Hal tersebut bertujuan agar tubuh si buah hati tetap nyaman dan sejuk. Biasanya Anda akan memilihkan pakaian yang tebal saat anak demam karena diyakini akan kedinginan  Ternyata hal tersebut akan membuat sistem pendinginan alami yang ada di dalam tubuh terganggu.

Itu adalah sejumlah cara yang dapat diterapkan apabila buah hati sedam dilanda demam. Yang perlu diingat adalah untuk menggunakan air hangat yang berasal dari water heater surya. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot memanaskan air. Yang perlu dilakukan adalah memutar kran dan Anda langsung dapat menggunakan air hangat. Apabila air panasnya cukup tinggi suhunya maka tambahkan sedikit air dingin agar suhunya tidak terlalu panas.