Artikel

Cara Mudah Atur Suhu di Solar Water Heater Rumah

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengatur suhu solar water heater, kami akan membagikan caranya. Berikut ini adalah langkah mudah mengatur suhu air agar sesuai dengan keinginan pada pemanas bertenaga matahari. Terdapat juga solusi mengatur suhu pemanas air dengan lebih efisien.  Simak leih lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Cara Mudah Atur Suhu di Solar Water Heater Rumah

  1. Matikan mesin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan mesin. Langkah ini dilakukan untuk menjaga keamanan Anda dan penghuni rumah lainnya. Pastikan mesin sudah berada dalam kondisi mati ketika akan beralih ke langkah selanjutnya.

Mesin yang masih hidup dapat menimbulkan risiko kecelakaan kerja. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya matikan terlebih dahulu mesin pemanas air. Dengan begitu, proses pengaturan suhu dapat dilakukan dengan aman.

  1. Buka panel

Langkah selanjutnya adalah membuka panel pemanas air tenaga surya. Anda akan membutuhkan beberapa peralatan untuk membuka panel ini. Pastikan Anda didampingi oleh orang yang paham dalam menangani hal ini.

Hindari untuk melakukan hal ini sendirian jika tidak tahu harus menggunakan alat apa untuk membuka panel. Namun, Anda bisa mencocokan sekrup dengan jenis obeng yang tepat agar bisa dibuka dengan mudah.

  1. Atur suhu

Langkah selanjutnya adalah mengatur suhu air. Anda bisa mengatur suhu air sesuai dengan keinginan. Pastikan suhu yang diatur tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. Rekomendasi suhu air yang baik berada di kisaran 50-60 derajat celcius.

  1. Nyalakan kembali mesin

Langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin pemanas air tenaga solar. Mesin akan bekerja untuk kembali memanaskan air. Anda harus menutup panel sebelum menyalakan mesin kembali. Hal ini dilakukan agar keamanan dapat tetap terjaga.

  1. Cek suhu

Kemudian cek suhu air di keran rumah. Pastikan suhunya sudah sesuai dengan keinginan. Jika masih terlalu panas atau dingin, atur kembali suhu seperti cara awal. Langkah ini memang terbilang cukup rumit dan kurang efisien.

  1. Gunakan cylinder thermostat

Ada cara mudah untuk mengatasi hal tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan cylinder thermostat. Anda dapat menggunakan alat ini ketika sedang memasang pemanas air agar pengaturan suhu dapat dilakukan dengan mudah.

Dengan alat ini, tidak perlu membuka panel dan mematikan mesin dengan cara di atas. Hanya perlu memutar thermostat ke suhu yang diinginkan. Dengan begitu, air yang keluar dari keran akan memiliki suhu sesuai dengan keinginan.

Berikut tadi adalah langkah yang bisa dilakukan untuk mengatur suhu solar water heater. Cara ini bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun dengan tenaga ahli. Gunakan cylinder thermostat ketika melakukan pemasangan water heater sehingga suhu dapat diatur dengan lebih efisien.