Artikel

Cara Pasang Solar Water Heater Anti Konslet

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan solar water heater di rumah. Hal-hal tersebut berkaitan dengan sistem instalasi dan aturan yang berlaku. Berikut ini kami bagikan enam hal penting yang harus diperhatikan sebelum memasang pemanas air sistem matahari di rumah. Simak lebih lengkap dalam artikel di bawah ini.

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Pasang Solar Water Heater

  1. Ketersediaan matahari

Sistem pemanas air satu ini menggunakan matahari sebagai sumber energi utamanya. Karena menggunakan matahari, sudah pasti hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketersediaan cahaya matahari di rumah,

Anda harus memastikan rumah memiliki pasokan sinar matahari yang memadai untuk digunakan sebagai energi pemanas. Posisi pemasangan alat pemanas harus berhadapan langsung dengan area yang memiliki pasokan matahari terbanyak di rumah.

  1. Budget

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah budget. Dalam menggunakan pemanas air tenaga surya, budget yang diperlukan bukan hanya sekadar biaya pembeliannya saja. Namun, Anda juga harus memperhitungkan biaya pemasangan.

Proses instalasi pemanas ini harus menggunakan tenaga ahli. Selain itu, dibutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk memasang jenis pemanas ini. Anda harus cermat dalam menghitung berapa biaya total yang akan dibutuhkan nantinya.

  1. Ketersediaan ruang

Hal ketiga yang harus menjadi perhatian adalah ketersediaan ruang. Pemanas air jenis ini membutuhkan ruang yang lumayan luas. Tak hanya ruang untuk alat penerima panas saja, tetapi juga ruang untuk alat penyimpanan air.

Oleh karena itu, diperlukan ruang dengan luas tertentu di rumah. Selain itu, ukuran pemanas yang digunakan pun akan berpengaruh terhadap seberapa besar ruang yang akan dibutuhkan nantinya.

  1. Peraturan di area tempat tinggal

Hal keempat yang harus diperhatikan adalah peraturan yang berlaku di area tempat tinggal, terutama jika Anda tinggal di area perumahan. Beberapa perumahan memilik regulasi tersendiri mengenai pemasangan pemanas air tenaga solar.

Anda harus memastikan proses instalasi pemanas ini tidak melanggar aturan atau regulasi apa pun. Dengan begitu, proses instalasi akan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dari luar.

  1. Mengetahui proses pemasangan

Hal kelima yang harus diperhatikan adalah proses pemasangan. Pastikan Anda bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan instalasi. Misalnya, seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan, apakah ada biaya tambahan, dan lain-lain.

  1. Mencari vendor terbaik

Hal terakhir yang juga tak kalah penting adalah mencari vendor terbaik. Semakin baik reputasi vendor, maka akan meminimalisir potensi kerugian yang ditimbulkan. Pastikan juga vendor tersebut sudah menyediakan jasa instalasi.

Kini Anda sudah mengetahui hal-hal penting apa saja yang perlu menjadi perhatian ketika akan memasang solar water heater di rumah. Pastikan setiap tipsnya disimak dan diikuti agar proses instalasi pun dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.