Artikel

Cara Set Pemanas Air Tenaga Surya Dengan Suhu yang Tepat

Walaupun terdengar mudah nyatanya menyeimbangkan suhu air di rumah cukup rumit. Jika air terlalu hangat akan membuat kulit melepuh dan jika air terlalu dingin akan membuat kita menggigil di pancuran air hangat kuku. Sebenarnya menyesuaikan air hangat cukuplah mudah asalkan Anda berhati-hati dan mengetahui cara yang tepat agar air bisa digunakan dengan aman.

Cara menyesuaikan suhu pemanas air tenaga surya di rumah

  1. Pertimbangkan Suhu

Umumnya pihak produsen pemanas air menyarankan suhu air yang baik untuk di rumah adalah kisaran 50 derajat Celcius. Demi keamanan, beberapa jenis pemanas air pun disetel dengan suhu tersebut. Tujuannya untuk menghindari risiko cedera pada kulit tubuh.

Jika air terasa lebih dingin daripada biasanya, maka terjadi permasalahan di bagian elemen pemanas atau bisa jadi karena insolasinya buruk. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus meminta bantuan ahli profesional untuk memperbaikinya.

  1. Atur Suhu Melalui Tombol Penyetel

Setiap jenis solar water heater yang dijual di pasaran pastinya menyediakan tombol penyetel untuk mengatur suhu air. Tombol penyetel tunggal pada pemanas biasanya digunakan dalam dua arah. Untuk mendapatkan air suhu tinggi, Anda bisa memutar tombol setel ke arah kiri. Jika ingin menurunkan suhunya Anda bisa menyetel tombol ke arah kanan.

Pada beberapa jenis pemanas air gas tidak memiliki angka di bagian tombol setelnya. Itulah sebabnya Anda harus mengukur terlebih dahulu suhu air dan memberi tanda derajat secara langsung di tombol setel.

  1. Naikkan Suhu Air untuk Mandi dan Mencuci

Beberapa keuntungan yang Anda dapat saat menggunakan suhu air yang lebih panas adalah air tidak akan mendingin dengan cepat. Tak hanya itu, air panas suhu tinggi juga mampu membantu membersihkan kotoran dengan lebih cepat dan bersih. Bahkan mampu mengeliminasi bakteri dan kuman secara efektif, termasuk itu jenis bakteri yang mematikan.

Hak yang perlu Anda ingat adalah jangan menggunakan suhu air hangat di atas 50 derajat Celsius. Sebab suhu air yang terlalu panas berisiko tinggi mengakibatkan luka bakar, terutama untuk anak-anak dan lansia.

  1. Turunkan Suhu agar Hemat Biaya

Percaya tidak percaya, menggunakan pemanas air dalam suhu yang tinggi akan memakan banyak biaya listrik. Jika Anda ingin menggunakan pemanas air tenaga matahari secara hemat, Anda bisa menurunkan suhunya di kisaran 35-40 derajat Celsius. Bahkan perubahan suhu dalam tingkat sekecil apa pun mampu menghemat banyak biaya untuk beberapa bulan ke depan.

Walaupun suhu air tidak sepanas sebelumnya, lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan nyaman untuk menggunakannya.

Jadi itulah tadi beberapa cara menyesuaikan suhu pemanas air tenaga surya di rumah agar lebih aman saat menggunakannya. Jika Anda ragu saat menyesuaikan sendiri suhu air pemanas, jangan ragu untuk meminta bantuan reparasi profesional. Dengan begitu penggunaan pemanas air di rumah akan semakin aman dan nyaman.