Artikel

Cara Water Heater Solar Agar Tetap Aman Digunakan

Water Heater Solar adalah alat yang bisa dipakai untuk membuat air panas dari sumber sinar matahari. Alat ini dapat digunakan untuk tujuan komersial atau pribadi. Penggunaan water heater solar menggunakan tenaga surya yang sumbernya melimpah dan dapat diperbaharui sehingga penggunaan perangkat bisa lebih ramah lingkungan dibandingkan water heater yang biasa. Berikut cara memastikan pemanas air aman digunakan.

Cara Agar Water Heater Solar Tetap Aman Digunakan

  1. Instalasi yang tepat

Pastikan pemanas air tenaga surya dipasang dengan benar dan sesuai sop yang sudah ditetapkan. Hal ini untuk menunjang adanya keefektifan alat dan keselamatan selama penggunaannya. Pemasangan yang tepat dapat dibantu dengan ahli profesional khusus pemasangan water heater terlatih. Pastikan juga penempatan alat di pasang di tempat yang aman dan stabil agar efektif dan tidak menyebabkan bahaya pemasangan alat.

  1. Cek kondisi fisik alat

Saat pemasangan pemanas air perlu di cek dan pastikan terlebih dahulu bahwa alat ini sesuai dengan standar dan tidak ada kerusakan. Cek juga apakah alat pemanas air yang dibeli sudah sesuai dengan yang diminta atau belum.

Pastikan tutup dan pengaman instalasi pemanas air berfungsi dengan baik. Pengecekan ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemanas air yang meledak, atau fungsinya yang tidak berjalan dengan baik.

  1. Suhu tepat

Pemanas air ini juga memiliki fitur suhu dimana sinar matahari yang diserap akan diubah dengan suhu tertentu untuk mengubah air beku menjadi panas, ataupun mengubah energi panas menjadi energi listrik.

Pengaturan suhu yang tepat harus diperhatikan dengan baik. Hal ini agar alat tidak terlalu panas dan cepat rusak. Stabilisasi suhu ini juga agar panas tidak menguap terlalu cepat sehingga tidak boros energi dan didapatkan air dengan suhu yang diinginkan.

  1. Maintance rutin

Setiap alat mau itu canggih atau tidak perlu adanya pemeliharaan agar alat tetap berfungsi dengan baik. Begitu pula dengan pemanas air tenaga matahari, walaupun berasal dari sumber energi cahaya matahari alat ini harus dipelihara dengan baik. Apalagi pemanas air ini adalah alat yang akan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga perlu namanya pemeliharaan berkala.

Pemeliharaan dapat berupa pembersihan tangki pemanas air secara rutin untuk menghilangkan kerak ataupun kotoran yang menumpuk sehingga hasil penyulingan tetap baik. Pastikan pula filter air bersih dan tidak tersumbat kotoran. Selain itu pastikan tangki dan penyalur panas dapat berfungsi dengan baik agar hasil produk yang dihasilkan maksimal.

  1. Hindari dari tempat ramai

Pemanas air atau biasa disebut dengan water heater solar adalah alat yang cukup besar dan berat. Sehingga tempatkan pada tempat yang sepi dan jarang dijangkau orang tapi mendapatkan penyinaran matahari yang cukup. Penempatan di tempat yang sepi bertujuan agar alat ini tidak sering berinteraksi dengan orang sehingga meminimalisir bahaya akibat alat tersebut.

Memastikan pemanas air aman untuk digunakan ini penting dalam mencegah risiko bahaya. Dengan adanya tips-tips di atas, diharapkan water heater solar dapat digunakan dengan aman dan nyaman.