Artikel

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air merupakan item penghasil air panas yang keberadaannya penting dan dibutuhkan untuk memenuhi keperluan rumah tangga, khususnya pemanas air tenaga surya. Apalagi biaya operasionalnya jauh lebih rendah dibandingkan pemanas air lainnya. Untuk itu, ketahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi biaya operasional pemanas air sebelum menggunakannya.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Pemanas Air Tenaga Surya

  1. Kapasitas

Kapasitas dari pemanas air sudah pasti mempengaruhi biayanya karena hal tersebut menentukan banyaknya jumlah air yang dapat dipanaskan. Tidak heran jika semakin besar kapasitas dari alat pemanas air maka semakin tinggi biaya yang harus dikeluarkan. Sebab, semakin besar kapasitas dari item tersebut tentu semakin besar pula energi yang dibutuhkan untuk dapat memanaskan air.

  1. Tipe

Selain frekuensi penggunaannya, tipe item tersebut tentu turut menentukan biaya operasionalnya. Mulai dari pemanas air tenaga matahari, pemanas air tenaga listrik, hingga pemanas air tenaga gas tentu memiliki biaya operasionalnya masing-masing. Jika dilihat dari tipe pemanas air sudah pasti jenis pemanas air dengan tenaga matahari yang jauh lebih murah, aman, dan tahan lama.

  1. Ukuran Rumah atau Bangunan

Ukuran rumah atau bangunan lainnya yang menjadi tempat pemasangan pemanas air sudah pasti turut mempengaruhi biaya operasionalnya. Sebab, semakin besar ukuran dari sebuah rumah tentu semakin meningkat air panas yang harus dipanaskan sehingga biaya operasionalnya juga tinggi. Untuk itu, pastikan Anda memilih jenis pemanas air yang berkapasitas sesuai kebutuhan rumah.

  1. Frekuensi Penggunaan

Selanjutnya, biaya dari alat pemanas air dapat dipengaruhi oleh seberapa sering penggunaannya. Dalam hal ini, semakin sering item tersebut digunakan maka semakin banyak jumlah energi yang dibutuhkan sehingga biaya operasionalnya turut meningkat. Untuk itu, sangat penting bagi para pengguna menghitung biaya operasional pemanas air melalui perkiraan frekuensi penggunaan.

Selain itu, periksa juga seberapa baik penggunaan pemanas air dalam memanaskan air dengan energi yang tersedia. Pasalnya, semakin efisien penggunaan tersebut tentu akan semakin sedikit jumlah energi yang dibutuhkan sehingga dapat menghemat biaya operasionalnya. Dengan begitu, pastikan memilih pemanas air yang memiliki tingkat efisiensi tinggi seperti solar water heater.

  1. Kondisi Instalasi

Kondisi instalasi yang kurang rapi atau tidak tepat mempengaruhi efisiensi dari alat pemanas air dan biaya operasionalnya. Tidak dipungkiri, kondisi tersebut dapat mengakibatkan kebocoran atau kerugian lain yang meningkatkan biaya operasionalnya. Untuk itu, pastikan instalasi dari pemanas air dilakukan dengan rapi, baik dan benar agar terhindar dari bahaya dan kerugiannya.

  1. Perawatan

Adapun perawatan pemanas air yang tidak teratur juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi biaya pemanas air. Hal tersebut dikarenakan memberikan kemungkinan tingkat efisiensi dari pemanas air menurun sehingga biaya operasionalnya tentu akan mengalami peningkatan. Untuk itu, pastikan perawatan teratur agar dapat memperpanjang masa pakai dan tingkat efisiensinya.

Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi biaya operasional pemanas air, dapat disimpulkan bahwa pemilihan pemanas air tenaga surya merupakan langkah terbaik. Pemanas air tersebut terbukti jauh lebih baik dari berbagai faktor dibandingkan tipe pemanas air lainnya. Mulai dari kapasitas yang mumpuni, tingkat efisiensi yang baik, hingga perawatannya yang cukup mudah.